Sukses

Kreatif, Aksi Guru Pedalaman Pakai Kresek untuk Dijadikan Kolam Renang

Liputan6.com, Jakarta Butuh perjuangan yang lebih keras bagi guru dan anak-anak yang sekolahnya berlokasi di kawasan pendalaman. Rute perjalanan yang terjal dan peralatan sekolah yang terbatas menjadi kendala yang harus mereka hadapi. 

Namun, hambatan-hambatan itu tidak mematikan ide-ide kreatif yang ada di dalam pikiran. Sebaliknya, ide brilian tumbuh dari sesuatu yang terbatas. 

Guru di pedalaman Malaysia yang menampilkan keberhasilan menciptakan kolam renang hanya dengan kantong plastik kresek berwarna biru. Lewat unggahan Twitter @chuckee_little, para murid tampak antusias melihat kolam renang buatan guru itu. 

2 dari 5 halaman

Ide Kreatifnya

Ide kreatif itu sempat menuai kontroversi di media sosial karena plastik kresek dianggap barang yang tidak ramah lingkungan. Melihat hal itu, guru itu mengakui bahwa dia terpaksa melakukannya karena tidak memiliki kain berwarna biru. 

Berhubung di rumahnya ada kantong plastik kresek yang telah dia beli lama, akhirnya ide untuk membuat kolam renang buatan dari 200 kantong plastik pun muncul. Hal ini dilakukan agar dia tetap bisa menyampaikan materi kepada anak didiknya. 

Guru itu juga mengajak publik tak perlu khawatir, karena plastik-plastik itu nantinya akan disimpan kembali dan dipergunakan olehnya untuk mengantongi sampah-sampah. Lagipula, plastik biru itu sukses membuat muridnya menikmati pelajarannya. Dan nampak murid-murid juga membawa handuk untuk bahan pendukungnya. 

3 dari 5 halaman

Suasana kelasnya

Dalam pengajarannya, dia tak lupa menyuruh salah satu muridnya sebagai relawan untuk memperagakan berenang dengan pelampung. 

Tidak hanya itu, dia juga mengajarkan anak-anak tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berada di area kolam renang lewat simbol larangan. 

 

4 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan yang memperlihatkan kreativitas seorang guru dalam menyampaikan materi menyita perhatian warganet. Di balik ide briliannya, sebagian dari mereka memberikan saran untuk menggunaka bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Dan ada juga yang turut mendoakan guru tersebut. 

"Cikgu mmg hebat tapi cuba cari pengganti plastik sebab tak elok untuk lingkungan," sahut akun @ohhshahir.

"Bagus cikgu. Semangat & kreatif utk pelajar! Moga setiap keikhlasan cikgu dibalas dggn sebaik baik kebaikan!" tulis akun @nmsrhals.

"Cikgu, coba sekalian diarjarkan untuk tidak sekali-kali kencing di dalam kolam HAHAHA," balas akun @DarthBen2.

"Semoga cikgu terus sukses dlm membangunkan modal insan di kawasan pedalaman. Saya percaya anak anak ini baik baik semuanya," tambah akun @sayalapa.

"Ide bagus nih, boleh la buat untuk photoshoot di rumah," kata akun @yanazemi.

Penulis 

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: