Sukses

Dianggap Telah Tiada, Pria Ini Hidup Kembali 20 Jam Kemudian

Pria ini awalnya telah dimasukkan ke kotak freezer karena dianggap telah tiada. Namun 20 jam kemudian, dia bangkit kembali.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian India berhasil menyelamatkan seorang pria yang disangka telah meninggal oleh keluarganya sendiri. Balasubramanian Kumar awalnya disimpan di lemari es oleh saudaranya sampai ada yang menyadari bahwa dia sesungguhnya masih hidup.

Awalnya, Kumar mengalami sakit yang kritis dan terbaring di tempat tidur di desanya Kandhampatti di Tamil Nadu, India. Sampai pada Senin sore lalu, keluarganya melihat dia berhenti bergerak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dimasukkan ke kotak pendingin

Dengan asumsi pria itu telah meninggal, keluarga Kumar meminta kotak pendingin untuk dikirimkan sehingga mereka dapat menyimpan jenazahnya untuk melakukan upacara terakhir.

Namun, ketika seorang karyawan dari perusahaan kotak pendingin datang untuk mengambilnya keesokan harinya, dia melihat bahwa 'mayat' Kumar menunjukkan tanda-tanda pergerakan.

Keluarga itu dipanggil dan ketika memeriksa, mereka menyadari bahwa Kumar masih bernapas, dan pada saat itu mereka meminta bantuan. Laporan media lokal menunjukkan bahwa pria itu disimpan di dalam tempat pendingin selama sekitar 20 jam.

 

3 dari 4 halaman

Kasusnya diusut

Sub-inspektur Rajasekaran dari Kepolisian Sooramangalam mengatakan kepada The Independent bahwa mereka dipanggil ke rumah pada hari Selasa oleh perusahaan lemari es. Sebuah kasus telah dibuka terhadap anggota keluarga yang menyatakan Kumar meninggal tanpa pemeriksaan medis yang layak.

Kasus ini telah diajukan berdasarkan Bagian 287 (kelalaian yang membahayakan nyawa menusia) dan 336 (tindakan membahayakan nyawa atau keselamatan pribadi orang lain) dari KUHP India.

 

4 dari 4 halaman

Videonya viral

Insiden ini menarik perhatian nasional setelah laporan video oleh saluran berita Tamil yang menunjukkan video Kumar mengejang di dalam kotak lemari es.

Dalam video tersebut, seorang pria terdengar mengatakan bahwa saudaranya telah meninggal. Bahkan, ketika pria di belakang kamera mengatakan kepadanya bahwa tangan Kumar sedang gemetar di dalam kotak.

"Tangannya gemetar, kok bisa?" orang di belakang kamera bertanya. "Oh, itu (hanya) kejang," kata pria satunya yang diidentifikasi oleh media India sebagai Saravanan. "Bagaimana mungkin itu terjadi jika ia sudah mati?" tanya orang tersebut yang ditanggapi Saravanan, "Mungkin jiwanya belum meninggalkan dia."

Saluran Tamil melaporkan bahwa Kumar segera dikeluarkan dari freezer dan dilarikan ke rumah sakit setempat di kota Salem, di mana kini masih menjalani perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.