Sukses

5 Tanda Awal Gangguan Mental OCD Ini Harus Anda Waspadai

Berikut ini beberapa tanda awal Obsessive-Compulsif Disorder atau OCD yang harus Anda waspadai.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan sekitar dan rumah Anda agar tertata dengan baik adalah kebiasaan yang sehat. Tapi ketika Anda mulai terobsesi dengan kebiasaan tersebut, justru malah merepotkan.

Mencuci tangan berkali-kali, membersihkan rumah hingga sempurna, menata setiap pakaian di lemari dan lainnya, bisa menjadi tanda gangguan mental yang dalam istilah medis dikenal sebagai Obsessive-Compulsive Disorder atau OCD. Orang yang menderita kelainan ini memiliki pikiran obsesif dan kompulsi yang mempersulit hidup mereka secara tak perlu.

Tanda-tanda OCD biasanya muncul perlahan, namun dengan penanganan yang tepat di tahap awal, gangguan ini bisa diatasi. Berikut ini beberapa tanda awal OCD yang harus Anda waspadai seperti dilansir dari Timesofindia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mencuci tangan yang berlebihan

Menjaga tangan tetap bersih adalah kebiasaan yang sehat. Ini mengurangi risiko infeksi virus dan bakteri. Tapi membersihkannya secara berlebihan bisa menjadi tanda OCD.

Jika Anda memiliki kebiasaan mencuci tangan berkali-kali dalam sehari, maka hal itu mengkhawatirkan. Dorongan untuk menjaga kebersihan diri karena takut dengan kuman dan bakteri bisa menjadi tanda OCD.

 

3 dari 6 halaman

2. Memeriksa ulang hal yang telah dilakukan

Memeriksa semuanya secara berlebihan: pintu, kenop gas, dapat menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang tak beres. Pemeriksaan ulang yang berlebihan adalah perilaku umum di antara orang yang menderita OCD. Kebiasaan ini dapat dipicu oleh berbagai masalah seperti obsesi atau rasa takut terluka.

 

4 dari 6 halaman

3. Melakukan sesuatu sesuai pola

Orang dengan OCD melakukan aktivitas berdasarkan beberapa pola numerik dan mereka mengikutinya hampir sepanjang waktu. Misalnya menghitung tangga saat menaikinya atau melakukan aktivitas tertentu pada waktu tertentu.

Perilaku ini sebagian besar didasarkan pada takhayul. Mereka takut jika mereka tidak melakukan hal tersebut, maka sesuatu yang buruk akan terjadi.

 

5 dari 6 halaman

4. Lebih terorganisir

Beberapa orang yang menderita OCD biasanya terlalu teratur. Mereka melakukan segalanya dalam pola tetap, contohnya meletakkan ponsel di sisi kiri meja, botol air di kanan.

Mereka sangat khusus tentang penempatan hal-hal di sekitar mereka dan setiap perubahan dapat membuat mereka cemas.

 

6 dari 6 halaman

5. Perfeksionis

Kebanyakan orang yang menderita OCD mencari kesempurnaan dalam segala hal. Mereka paling sadar akan penampilan atau bagian tubuh tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.