Sukses

Waspada, Covid-19 Ternyata Bisa Menyebar Lewat 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah membuat beberapa penyesuaian signifikan pada panduan mereka seputar Covid-19. Pada 18 September 2020, CDC mengubah panduan mereka tentang bagaimana Covid menyebar dan terdapat satu penyesuaian yang paling signifikan, yakni CDC kini mengakui bahwa Covid dapat menyebar melalui udara.

Selama berbulan-bulan, para ahli kesehatan telah mendesak CDC untuk mengakui semakin banyaknya bukti yang menunjukkan Covid-19 dapat ditularkan melalui aerosol, yang berarti partikel kecil di udara. Namun, baru pada bulan September CDC mengakui hal tersebut dan mengubah pedoman resmi di situs mereka.

"Covid-19 paling umum menyebar melalui tetesan pernapasan atau partikel kecil, seperti yang ada di aerosol, yang dihasilkan [dari] orang yang terinfeksi," demikian seperti dikutip dari situs CDC.

Menurut panduan CDC yang diperbarui, ada lima cara penyebaran Covid-19. Melansir dari Bestlifeonline, ini dia.

 

2 dari 7 halaman

1. Bernapas

CDC belum lama ini menambahkan bahwa Covid dapat menyebar melalui pernapasan. Padahal sebuah penelitian yang yang diterbitkan dalam Penelitian dan Praktik Pengobatan Terkini pada 8 Mei telah melaporkan hal tersebut.

"..bahkan bernapas atau berbicara mungkin dapat melepaskan partikel kecil...membawa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.."

Studi tersebut menjelaskan bagaimana Covid dapat bertahan di udara dalam "kabut sangat halus yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi mengeluarkan napas."

 

3 dari 7 halaman

2. Bernyanyi

Salah satu acara penyebar Covid paling awal di AS adalah latihan paduan suara di Washington. Menurut CDC, satu orang positif Covid menghadiri latihan paduan suara yang menghasilkan 32 kasus Covid yang dikonfirmasi dan 20 kemungkinan kasus.

"Penularan kemungkinan difasilitasi oleh jarak dekat (kurang dari 2 meter) selama latihan dan ditambah dengan kegiatan bernyanyi."

 

4 dari 7 halaman

3. Berbicara

CDC secara konsisten memberi tahu bahwa berbicara dengan seseorang, terutama dalam jarak kurang dari 2 meter selama 15 menit atau lebih, dapat dengan mudah menyebabkan penularan virus Covid.

 

5 dari 7 halaman

4. Batuk

Batuk dapat mengeluarkan tetesan besar (droplet) yang membuatnya berisiko lebih tinggi dalam menularkan Covid. Disarankan untuk memakai masker baik saat Anda sedang batuk atau orang di sekitar Anda ada yang batuk.

 

6 dari 7 halaman

5. Bersin

Sama halnya dengan batuk, bersin mengeluarkan tetesan besar yang dengan mudah dapat menularkan Covid.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: