Sukses

Pilu, Penguin Ini Mati Setelah Menelan Masker yang Dibuang Sembarangan

Liputan6.com, Jakarta Seekor penguin ditemukan mati di Pantai Juquehy, Sao Sebastian, Brasil setelah menelan masker. Masker N95 yang biasa digunakan selama pandemi Covid-19, ditemukan dalam tubuhnya setelah dilakukan otopsi.

Hewan itu adalah penguin Magellan yang diduga hilang dari kelompoknya setelah bermigrasi dari wilayah Patagonia selatan, Argentina. Diyakini, penguin itu ditemukan pada 9 September.

Gambar menyedihkan masker yang diambil dari perut burung itu dirilis pada hari Senin.

 

2 dari 5 halaman

Respon pecinta lingkungan

Hugo Gallo Neto, Presiden LSM Instituto Argonauta yang melakukan pemeriksaan, mengatakan kepada pers lokal: "Kami telah memperingatkan tentang masker, dan kasus ini adalah bukti nyata bahwa jenis limbah ini menyebabkan kerusakan dan kematian pada fauna laut."

"Ini juga menunjukkan sikap tidak bertanggung jawab orang yang membuang masker di sembarang tempat. Padahal limbah rumah sakit berisiko mengkontaminasi orang lain," tambah dia seperti dikutip dari Mail Online.

 

3 dari 5 halaman

Masker menjadi masalah sampah baru

LSM itu juga mengatakan telah menemukan 113 masker yang dibuang di pantai-pantai di garis pantai utara Sao Paulo, termasuk Pantai Juquehy, dalam periode lima bulan hingga pertengahan September.

Masker yang banyak digunakan selama masa pandemi telah menyebabkan masalah sampah di darat dan di laut. Terlebih setelah penggunaannya saat keluar rumah menjadi kewajiban di seluruh dunia.

 

4 dari 5 halaman

Respon WWF

World Wide Fund for Nature (WWF) memperingatkan pada bulan Juli bahwa pembuangan alat pelindung diri (APD) yang salah dari rumah sakit dapat menimbulkan ancaman baru bagi lingkungan.

"Jika hanya satu persen dari masker yang dibuang secara tidak benar dan mungkin tersebar di alam, ini akan menghasilkan 10 juta masker per bulan di lingkungan tersebut," pungkas mereka dalam sebuah pernyataan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: