Sukses

Wajib Coba, Deretan Bahan Dapur yang Ampuh Atasi Jerawat

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat menjadi kondisi kulit yang umum dialami setiap individu. Namun, kemunculannya tentu sangat tidak diinginkan karena bisa mempengaruhi penampilan seseorang.

Untuk mengatasi jerawat, banyak individu rela menghabiskan waktu dan uang demi melakukan perawatan wajah dan membeli berbagai produk kecantikan.

Namun, pengobatan rumahan tampaknya menjadi cara terbaik untuk mengatasi jerawat. Penasaran bahan alami apa saja yang bisa mengatasi jerawat di wajah?

Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (21/9/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kunyit dan Susu

Kunyit memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan dan penyembuhan yang kuat secara signifikan untuk menyingkirkan jerawat.

Sementara itu, asam laktat yang ada dalam susu adalah pengelupas kulit yang membantu menghilangkan kulit mati, kotoran, membuka pori-pori yang tersumbat dan membuatmu bebas dari jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1/2 sdt kunyit dan 2 sdm susu. Cara menggunakannya, campur kedua bahan tersebut dalam mangkuk dan aduk hingga menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pasta di area yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini beberapa kali seminggu sampai kamu melihat perubahannya.

3 dari 7 halaman

2. Madu dan Kunyit

Madu adalah pelembab alami yang membuat kulitmu lembut dan terhidrasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada madu secara alami meremajakan dan menenangkan kulit serat membantu meredakan jerawat.

Yang kamu butuhkan, 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kunyit. Lalu campur kedua bahan tersebut hingga rata. Oleskan campuran itu ke seluruh wajahmu.

Selanjutnya, tunggu 20 menit sebelum mencucinya. Untuk hasil yang maksimal, ulangi perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

4 dari 7 halaman

3. Mentimun, Oatmeal dan Yogurt

Kamu pasti sering menggunakan mentimun untuk menenangkan matamu yang lelah. Namun, khasiat mentimun yang menenagkan juga bekerja sangat baik untuk meredakan iritasi dan nyeri pada jerawat.

Sementara itu, oatmeal maupun yogurt adalah pengelupas kulit yang membuka pori-pori kulit dan mempercepat penyembuhan.

Yang kamu butuhkan 1 mentimun kecil, 1 cangkir oatmeal dan 1 sdt yogurt. Lalu haluskan mentimun dan oatmeal untuk mendapatkan pasta. Ambil satu sendok pasta itu dan campur dengan yogurt.

Selanjutnya, oleskan pasta di area berjerawat. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas. Untuk hasil terbaik, ulangi perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

5 dari 7 halaman

4. Lemon dan Madu

Lemon adalah sumber vitamin C yang bisa membantu membersihkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen di kulit untuk menjaga kulit tetap muda dan bercahaya.

Selain itu, sifat asam lemon juga membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit yang bisa mencegah timbulnya jerawat. Namun, bagi kulit sensitif, hindari untuk menggunakan lemon untuk perawatan wajah.

Yang kamu butuhkan 1 sdm perasan lemon dan 1 sdm madu. Lalu campur kedua bahan tersebut hingga rata. Oleskan campuran itu ke seluruh wajah atau area yang berjerawat.

Selanjutnya, biarkan selama 5-10 menit. Bilas bersih dan keringkan. Ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

6 dari 7 halaman

5. Cuka Sari Apel

Sifat antibakteri dari cuka sari apel akan membersihkan kulitmu secara mendalam dan menjauhkan semua bakteri berbahaya, sehingga membantumu menghilangkan jerawat.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm cuka sari apel dan 1 cangkir air. Lalu encerkan cuka sari apel dengan air secukupnya. Selanjutnya masukkan kapas ke dalam larutan itu dan usapkan ke area berjerawat.

Biarkan selama 10-15 menit. Cuci bersih wajahmu dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, gunakan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: