Sukses

4 Dampak Buruk Tidur Siang Setelah Makan Bagi Kesehatanmu

Jangan biasakan untuk langsung tidur setelah makan siang. Ini dampak buruknya bagi tubuh

Liputan6.com, Jakarta Orang cenderung langsung mengantuk setelah makan dan tak butuh apa pun selain tidur siang. Tapi, ternyata justru inilah yang harus Anda hindari.

Tidur atau bahkan hanya berbaring setelah Anda makan dapat menimbulkan konsekuensi buruk pada tubuh. Ada baiknya, Anda baru tidur siang 3 jam setelah makan siang untuk memberikan waktu perut mencerna makanan.

Berikut ini beberapa dampak buruk tidur siang setelah makan seperti Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengalami heartburn

Biasanya, asam yang diproduksi saat mencerna makan terkandung di dalam perut. Gravitasi sangat membantu di sini, karena gaya ini akan memaksa aliran makanan dan asam ke bawah.

Saat berbaring, asam bergerak melalui perut dan mungkin bersentuhan dengan bagian sensitif dari sistem pencernaan. Ini dapat menyebabakan mulas, rasa terbakar yang menyakitkan di dada atau tenggorokkan Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Memengaruhi kualitas tidur

Jika Anda makan banyak sebelum tidur siang, proses pencernaan yang utuh berlanjut saat Anda tidur. Alasan tidur yang buruk bisa berbeda untuk setiap orang.

Bisa jadi pikiran Anda lebih aktif selama tahap metabolisme sehingga menyebabkan Anda kurang tidur. Alasan lain, bisa jadi Anda terbangun karena 'heartburn.' Ini tergantung pada jenis makanan yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan.

 

4 dari 5 halaman

3. Sering mengalami mimpi buruk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, metabolisme Anda yang dipicu menyebabkan otak Anda menjadi lebih aktif.

Anda memasuki tidur REM yang merupakan waktu saat mimpi terjadi. Jika Anda menyadari bahwa Anda mengalami mimpi buruk atau mimpi yang sangat jelas, coba untuk tidak makan begitu dekat dengan waktu tidur siang.

 

5 dari 5 halaman

4. Berat badan naik

Saat Anda tidur tepat setelah makan, Anda tak memberi tubuh cukup waktu untuk membakar kalori dari makanan. Jadi, meski Anda merasa sangat mengantuk setelah makan siang, ada baiknya tidak langsung tidur jika tidak ingin berat badan naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.