Sukses

5 Cara Mudah Cerahkan Kulit Kaki Belang Akibat Paparan Matahari

Nah, penasaran bagaimana cara cerahkan kulit kaki belang karena paparan matahari? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan kecantikannya. Apalagi bagi para pengendara motor, seringkali malas menggunakan kaus kaki sehingga menyebabkan kulit kaki lebih hitam karena terpapar sinar mathari.

Kulit kaki yang terlihat belang tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu, ada beberapa tips mudah membuat kulit belang menjadi cerah kembali.

Nah, penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (23/7/2020).

1. Lemon dan Madu

Jus lemon dikenal sebagai zat pemutih kulit yang bisa mencerahkan kakimu. Sifat emolien dari madu membuat kakimu tetap lembab, sementara senyawa fenolik dan flavonoid yang terkandung dalam madu memiliki efek memutihkan kulit.

Untuk membuatnya kamu hanya perlu 1 sdm madu, 1 sdm lemon. Lalu campurkan kedua bahan dalam mangkuk untuk mendapatkan pasta yang halus.

Setelah itu, oleskan pasta ini ke seluruh kaki. Biarkan selama 15 menit sebelum dicuci menggunakan air.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kunyit dan Susu

Kunyit telah banyak digunakan untuk melawan berbagai penyakit kulit. Kunyit mengandung komponen aktif curcumin yang menghambat melanogenesis sehingga bisa mencerahkan kulitmu.

Susu mengandung asam laktat yang mengeksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulitmu cerah dan bergizi.

Jika kamu tertarik, kamu perlu menyiapkan 2 sdt bubuk kunyit dan susu dingin secukupnya. Lalu campur bubuk kunyit dengan susu yang cukup untuk mendapatkan pasta yang kental dan halus.

Kemudian, oleskan pasta tersebut di kakimu. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

3. Lemon dan Gula

Gula adalah salah satu pengelupas alami terbaik untuk menghilangkan kulit mati dan kusam. Mencampurnya dengan lemon, zat pemutih kulit, menjadikan obat pemutih yang ampuh untuk kaki gelapmu.

Yang kamu butuhkan 1 sdm gula pasir dan 1 sdm jus lemon. Kamu hanya perlu mencampurkan bahan tersebut dalam mangkuk, lalu aduk. Pastikan campuran yang didapat memiliki tekstur kasar.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada kakimu dan gosok kakimu menggunakan campuran itu selama beberapa menit. Biarkan campuran itu selama 10 menit sebelum membilasnya.

4 dari 5 halaman

4. Soda Kue

Soda kue memiliki sifat pemutih yang membantu mencerahkan kulit. Selain itu, ia juga memiliki sifat antibakteri kuat yang menjaga bakteri berbahaya tetap di telapak kaki untuk menjaga kakimu tetap bersih dan indah.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdm baking soda dan jus lemon secukupnya. Oleskan capuran tersebuut ke kakimu dan gosok kakimu dalam gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan 10 menit sebelum kamu membilasnya.

5 dari 5 halaman

5. Tomat

Tomat mengandung likopen yang mengandung antioksidan dan diketahui memiliki efek pemutih pada kulit.

Yang kamu butuhkan satu tomat matang. Lalu iris tomat menjadi dua. Gosok setengah irisan tomat pada kakimu selama 3-5 menit. Biarkan selama 20 menit, cuci kakimu sampai bersih dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.