Sukses

Physical Distancing, Lampu Merah di Tuban Dibuat Layaknya Garis Start Sirkuit Moto GP

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi Covid-19 seluruh masyarakat diminta untuk menjaga jarak aman satu sama lain untuk menghindari penularan virus tersebut. Hal ini berlaku di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan.

kita disarankan untuk setidaknya menjaga jarak 1,5 hingga 2 meter dengan orang di sebelah atau pun di depan dan belakang kita.

Saat ini pun beberapa tempat umum seperti restoran, supermarket, dan tempat pelayanan masyarakat lainnya telah menerapkan aturan yang dianjurkan langsung oleh pemerintah ini.

Rupanya hal ini juga diterapkan di lampu merah. Baru-baru ini viral lampu merah di Tuban yang menerapkan jarak aman dengan memberikan garis-garis layaknya pada start balap motor MotoGP.

2 dari 5 halaman

Mirip garis start Moto GP

Potret ini viral usai diunggah oleh akun Twitter @dugongembul. Akun tersebut mengunggah sebuah video para pengendara di lampu merah Tuban yang sedang berhenti menunggu lampu merah di garis-garis yang telah disediakan.

Video berdurasi 29 detik itu pun diedit menggunakan backsound Moto GP. Pasalnya garis physical distancing yang dibuat mirip dengan garis start di sirkuit Moto GP.

“Balap Moto GP versi warga Tuban,” tulis akun tersebut pada Sabtu (6/6/2020).

3 dari 5 halaman

Agar pengendara jaga jarak

Rupanya batas garis seperti ini dibuat agar para pengendara dapat memberi jarak satu sama lain saat antre di lampu merah. Hal ini dijelaskan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban melalui akun Instagram resminya, @kabupatentuban.

"Rekayasa lalu lintas antrian traffic light di simpang 4 kembang ijo dalam rangka penerapan physical distancing dan wajib masker bagi pengguna jalan, hal ini merupakan Inovasi Kolaborasi antara Dishub Tuban dan Satlantas Polres Tuban," tulis @kabupatentuban.

4 dari 5 halaman

Curi perhatian warganet

5 dari 5 halaman

Komentar warganet

Potret unik garis physical distancing yang dibuat mirip dengan garis start di sirkuit Moto GP ini mencuri perhatian warganet. Video yang diunggah ulang oleh akun @jawafess itu bahkan telah ditonton lebih dari 400 ribu kali dan mendapat beragam komentar.

“Tuban MANTAP WKWK,” tulis akun @smnsiro.

“MotoGP 2020 | Crossroad Tuban City,” timpal @txtdarikebumen.

“sirkuit dengan kearifan lokal,” kata @ayavocados.