Sukses

5 Kue Kering Favorit Saat Lebaran Tiba, Mana Kesukaanmu?

Deretan kue kering yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri datang

Liputan6.com, Jakarta Kue kering menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat perayaan hari-hari besar di Indonesia, seperti Hari Raya Idul Fitri. Merayakan lebaran tak bisa lepas dari suguhan kue kering yang jenisnya beraneka ragam.

Kue kering juga menjadi menu wajib setelah menyantap opor ayam untuk melengkapi kegiatan silaturahmi.

Menjelang lebaran seperti saat ini, kue kering sudah mulai banyak dijajakan di toko-toko atau sebagian orang memilih untuk membuat kue kering sendiri.

Nah, berikut adalah 5 jenis kue kering yang menjadi hidangan favorit saat Hari Raya Idul Fitri:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nastar

Tak perlu diragukan lagi kalau Nastar menjadi kue kering yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Jika ketupat dan opor ayam adalah makanan khas Lebaran, Nastar merupakan kue kering yang cocok menjadi camilan enak saat kumpul bersama keluarga.

Nastar sendiri berbentuk bulat-bulat kecil yang memudahkan kita untuk sekali makan alias langsung dicaplok. Nastar juga memiliki filosofinya sendiri, konon warna kuning dan emas di bagian atas nastar melambangkan kemakmuran, sementara selai nanas manis yang menjadi isiannya melambangkan rezeki yang manis.

3 dari 6 halaman

2. Kue Putri Salju

Kue kering berbentuk bulan sabit ini memiliki rasa yang khas. Taburan gula halus di atasnya membuat siapa pun tertarik untuk mencicipinya. Alasan itu pula yang membuat kue kering ini diberi nama putri salju, karena kuenya tampak "bersalju."

Selain rasa manis, Kue Putri Salju juga memiliki sensasi dingin ketika kamu mulai menggigit dan mengunyahnya. Memiliki tekstur yang lembut, Kue Putri Salju juga akan terasa lumer ketika berada di dalam mulut.

4 dari 6 halaman

3. Kastengel

Kue yang satu ini banyak digemari dan selalu hadir setiap perayaan Lebaran. Nama Kastengel sendiri berasal dari bahasa Belanda. Kas yang artinya keju dan stengel yang berarti batang. Jika disimpulkan jadi "batang keju."

Bagi pecinta rasa keju, tentu saja Kastengel menjadi pilihan camilan yang tepat. Biasanya, untuk membuat Kastengel ini menggunakan keju cheddar atau keju edam (keju Belanda). Bukan memiliki rasa yang manis seperti kue kering pada umumnya, melainkan gurih dan cheesy.

5 dari 6 halaman

4. Kue Kacang

Sebagian orang menjadikan Kue Kacang sebagai sajian wajib yang ada di meja saat Hari Raya. Kue Kacang sendiri memiliki rasa yang berbeda daripada yang lain. Sesuai dengan namanya, kue ini berbahan dasar kacang. Lebih tepatnya terbuat dari campuran adonan kue kering dan kacang tanah sangrai.

Rasa kacang pada kue ini memang mendominasi. Selain itu, Kue Kacang memiliki bentuk yang beragam.

6 dari 6 halaman

5. Kue Semprit Mawar

Tak mengherankan lagi jika Kue Semprit menjadi kue kering yang wajib ada. Pasalnya, kue kering yang satu ini cukup legendaris karena sudah ada sejak zaman dahulu.

Kelezatan rasanya yang masih sama membuat Kue Semprit masih banyak digemari orang-orang. Kue Semprit sendiri memiliki berbagai macam rasa dan bentuk. Mulai dari Semprit Cokelat, Semprit Keju, dan Semprit Keju. Selain itu, bentuknya juga seperti bunga mawar sehingga disebut Kue Semprit Mawar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.