Sukses

Darurat Corona, Pelatih Fitnes di Jerman Latih Warga Berolahraga Lewat Balkon

Liputan6.com, Jerman - Seluruh pemimpin negara telah mengimbau warganya untuk melakukan karantina mandiri di rumah sebagai bagian dari social distancing. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan Virus Corona atau Covid-19.

Tentu saja kondisi tersebut membuat aktivitas warga terbatas, seperti pergi ke tempat keramaian termasuk tempat gym. Hal ini lantas membuat seorang personal trainer atau pelatih kebugaran di Jerman memiliki ide mulia.

Pelatih bernama Pato Cervantes tersebut memiliki ide untuk memberikan pelatihan olahraga gratis kepada warga di kota Hamburg, Jerman. 

Namun, pria 19 tahun ini tetap melakukannya tanpa melanggar peraturan pemerintah. Caranya Pato melatih warga lewat balkon rumahnya masing-masing.

2 dari 5 halaman

Lewat balkon

Kepada South China Morning Post, Pato yang berasal dari Mexico ini memberikan pelatihan gratis lantaran warga tak bisa pergi keluar untuk berolahraga. Awalnya Pato melihat sebuah pesta wine yang dibuat oleh beberapa warga di balkon mereka masing-masing.

Dia kemudian berpikir, mengapa tak melakukan olahraga melakui balkon juga? Pato lantas merealisasikannya dan dia merasa hal ini sangat keren.

“Aku melihat pesta wine yang mereka (warga) lakukan di balkon. Dan aku berpikir, mereka saling bersapa melalui balkon untuk minum wine bersama-sama, jadi mengapa tidak mereka berolahraga bersama juga?” katanya.

 

3 dari 5 halaman

Warga semangat

Pada video yang diunggah SCMP, terlihat bagaimana cara Pato “mengajar” mereka. Pato berdiri di tengah suatu jalan, sementara warga melihatnya memberikan instruksi dari balkon masing-masing.

Mereka pun tampak semangat mengikuti instruksi Pato. Tak jarang Pato mempersilahkan mereka menggunakan alat seadanya seperti botol berisi air sebagai pengganti barbel. 

4 dari 5 halaman

Videonya

5 dari 5 halaman

Fasilitas gym ditutup

Sama seperti tempat umum lainnya, tempat gym di jerman ditutup sementara selama masa darurat Corona. Hal ini yang lantas membuat Pato menghabiskan waktu luangnya untuk melatih warga secara gratis. Tak hanya itu, Pato juga ingin warga tetap sehat dan bugar selama masa karantina mandiri di rumah.