Sukses

Selain Buat Mandi, Ini 6 Manfaat Sabun Batang untuk Kehidupan Sehari-hari

Penasaran apa saja manfaat sabun batang untuk kehidupan sehari-hari? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sabun batang biasanya digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran setelah beraktivitas seharian. Namun, selain untuk mandi, ternyata sabun batang juga miliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Penasaran apa saja manfaat sabun batang untuk kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (21/3/2020).

1. Aroma Sepatu Lebih Segar 

Untuk membuat sepatu favoritmu berbau baru, kamu cukup masukkan sabun batang di setiap sepatu. Kamu bisa menaruhnya semalaman dan keluarkan di pagi hari.

Untuk memperpanjang efeknya, ulangi prosedur ini 2-4 kali seminggu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cegah Cermin dan Kaca Berkabut

Agar cermin dan kaca di kamar mandi tidak berembun, kamu bisa menggunakan sebatang sabun dan gosokkan ke kaca. Lalu kamu bisa membersihkan kaca tersebut menggunakan lap, tanpa air. 

3. Ritsleting yang Macet 

Jika ritsleting pada celana maupun jaketmu macet, kamu bisa mencoba melicinkannya dengan menggunakan sabun batang. Kamu hanya perlu menggunakan sebatang sabun dan geser di sepanjang bagian belakang ritsleting untuk melicinkannya.

3 dari 4 halaman

4. Memperbaiki Pintu Bedecit

Jika kamu ingin memperbaiki laci yang macet dan pintu yang berdecit, cukup gosokkan sedikit sabun batang pada engsel pintu dan pada tepi laci. 

Sabun akan menjadi pelumas sehingga semuanya akan terbuka dengan lancar, tanpa suara yang tidak menyenangkan.

5. Campuran Sabun dan Minyak Bisa Mengusir Serangga di Tanaman 

Jika kamu ingin melindungi tanamanmu dari kutu daun dan tungau, campurkan seperempat cangkir sabun cair dengan satu cangkir penuh minyak sayur apa pun. 

Lalu, kocok campuran tersebut dengan baik. Gunakan 4 gelas air untuk 1 sdm konsentrat ini, lalu masukkan ke dalam botol semprot, dan oleskan larutan ini ke tanamanmu seminggu sekali.

4 dari 4 halaman

6. Sabun Jadi Obat yang Efektif Saat Digigit Nyamuk

Jika kamu digigit nyamuk hingga menimbulkan bentol di tubuhmu, kamu cukup gosokkan sabun batang yang sudah dibasahi ke gigitan nyamuk. Setelah beberapa menit, itu akan menghilangkan rasa gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.