Sukses

Selain Buat Mandi, Ini 6 Manfaat Sabun Batang untuk Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Sabun batang biasanya digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran setelah beraktivitas seharian. Namun, selain untuk mandi, ternyata sabun batang juga miliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Penasaran apa saja manfaat sabun batang untuk kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (21/3/2020).

1. Aroma Sepatu Lebih Segar 

Untuk membuat sepatu favoritmu berbau baru, kamu cukup masukkan sabun batang di setiap sepatu. Kamu bisa menaruhnya semalaman dan keluarkan di pagi hari.

Untuk memperpanjang efeknya, ulangi prosedur ini 2-4 kali seminggu.

2 dari 5 halaman

2. Cegah Cermin dan Kaca Berkabut

Agar cermin dan kaca di kamar mandi tidak berembun, kamu bisa menggunakan sebatang sabun dan gosokkan ke kaca. Lalu kamu bisa membersihkan kaca tersebut menggunakan lap, tanpa air. 

3. Ritsleting yang Macet 

Jika ritsleting pada celana maupun jaketmu macet, kamu bisa mencoba melicinkannya dengan menggunakan sabun batang. Kamu hanya perlu menggunakan sebatang sabun dan geser di sepanjang bagian belakang ritsleting untuk melicinkannya.

3 dari 5 halaman

4. Memperbaiki Pintu Bedecit

Jika kamu ingin memperbaiki laci yang macet dan pintu yang berdecit, cukup gosokkan sedikit sabun batang pada engsel pintu dan pada tepi laci. 

Sabun akan menjadi pelumas sehingga semuanya akan terbuka dengan lancar, tanpa suara yang tidak menyenangkan.

5. Campuran Sabun dan Minyak Bisa Mengusir Serangga di Tanaman 

Jika kamu ingin melindungi tanamanmu dari kutu daun dan tungau, campurkan seperempat cangkir sabun cair dengan satu cangkir penuh minyak sayur apa pun. 

Lalu, kocok campuran tersebut dengan baik. Gunakan 4 gelas air untuk 1 sdm konsentrat ini, lalu masukkan ke dalam botol semprot, dan oleskan larutan ini ke tanamanmu seminggu sekali.

4 dari 5 halaman

6. Sabun Jadi Obat yang Efektif Saat Digigit Nyamuk

Jika kamu digigit nyamuk hingga menimbulkan bentol di tubuhmu, kamu cukup gosokkan sabun batang yang sudah dibasahi ke gigitan nyamuk. Setelah beberapa menit, itu akan menghilangkan rasa gatal.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Alasan Kursi Pesawat Berwarna Biru
Loading
Artikel Selanjutnya
Animasi Ini Tunjukkan Bahayanya Toxic Relationship
Artikel Selanjutnya
Curhatan Wanita di China Bertahan Hidup Saat Lockdown 40 Hari Tanpa Tertular Covid-19