Sukses

Deretan Hal Penting yang Perlu Dilakukan di Rumah Saat Wabah Corona

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini masyarakat Indonesia, diimbau untuk melakukan social distancing guna mencegah perluasan penularan Virus Corona](4203020 "") di Tanah Air. Hal ini dinyatakan langsung oleh Presiden Jokowi pada Minggu (15/3/2020).

Sebagian besar masyarakat pun telah melakukan aktivitas sehari-harinya di rumah seperti bekerja dan kuliah. Dengan memiliki lebih banyak waktu luang di rumah, ada baiknya kamu menggunakannya untuk melakukan hal yang membantu mencegah diri dari penularan Virus Corona Covid-19.

Dikutip dari CBS News, seorang dokter bernama dr. Tara Narula memberi beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah di tengah wabah Corona. Berikut ulasannya.

1. Mendesinfeksi rumah

Ada begitu banyak bagian pada rumah yang bisa saja menjadi sarang kuman. Seperti toilet, gagang pintu, kasur, pintu kulkas dan benda-benda yang sering kamu pegang lainnya. Gunakan waktu luang di rumah untuk mendesinfeksinya menggunakan cairan sabun atau alkohol.

2 dari 6 halaman

2. Bersihkan perabotan elektronik

Tak hanya beberapa bagian pada rumah, kamu juga harus mendisinfektasi alat-alat elektronik yang kerap digunakan. Seperti ponsel, tablet, laptop hingga remot.

3 dari 6 halaman

3. Buka jendela rumah

"Menjaga sirkulasi udara di dalam rumah sangatlah penting," kata Narula.

Jadi, jika kamu memiliki rumah yang terdapat jendela di dalamnya usahakan untuk membukanya secara rutin agar sirkulasi udara baik sehingga keadaan rumah tak lembab yang mana bisa menjadi sarang kuman dan virus.

4 dari 6 halaman

4. Jangan berbagi perlengkapan rumah

Usahakan jangan berbagi perlengkapan rumah seperti alat makan, minum, hingga handuk.

5 dari 6 halaman

5. Beli persediaan obat

Narula menyarankan untuk kalian memiliki setidaknya persediaan obat untuk dua minggu.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: