Sukses

Kurang Tidur Ternyata Bisa Ganggu Kehidupan Sosialmu, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kualitas tidur yang baik memang akan menambah energi untuk melakukan aktifitas keesokan harinya. Namun, tidak semua orang bisa mempunyai jam tidur yang baik lo.

Padahal jika kurang tidur, kamu akan merasa lemas, malas dan tak semangat. Lebih buruk lagi, kurang tidur juga bisa memberi dampak buruk bagi kehidupan sosial.

Melansir Bright Side, Jumat (28/2/2020), hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan kepada 25 peserta yang diminta foto dua kali dalam momen berbeda. Foto pertama setelah tidur selama 8 jam selama 2 hari dan sekali lagi setelah tidur hanya selama 4 jam selama 2 hari.

122 orang asing kemudian melihat foto-foto ini dan menilai seberapa besar mereka ingin bersosialisasi dengan orang yang digambarkan di dalamnya. Mereka juga menilai daya tarik, kesehatan, kantuk dan kepercayaan peserta.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa orang asing tidak tertarik bersosialisasi dengan mereka yang kurang tidur atau kurang istirahat.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Saat Lelah, Kamu Lebih Buruk Saat Berkomunikasi

Orang-orang sering mengaitkan daya tarik dengan karakteristik positif, seperti seberapa baik kamu bisa bergaul dengan orang lain.

Jadi, ketika mereka melihat wajah yang tampak lelah dengan lingkaran hitam di bawah mata atau kelopak mata bengkak, mereka mungkin melihat orang yang mengantuk itu kurang ramah dan tidak akan bersemangat untuk berinteraksi dengan mereka.

Individu yang kurang tidur sebenarnya menegaskan bahwa mereka kurang bergaul, lebih buruk dalam memahami, mengekspresikan emosi dan kurang empati.

3 dari 4 halaman

Kantuk Berarti Kamu Tidak Sehat

Orang yang tidak sehat sering lelah, dan masalah dengan tidur juga bisa berjalan seiring dengan masalah kesehatan mental. Sekalipun orang yang lelah sangat sehat, penampilan mereka setelah tidur terkadang membuat kesan negatif pada orang lain.

Wajah yang mengantuk tidak terlihat sehat dan orang lain cenderung menghindari penyakit, bukan? Itulah sebabnya seseorang mungkin secara tidak sadar kurang tertarik untuk melakukan kontak dengan orang yang kurang tidur atau kurang istirahat

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tiga Bocah Selamatkan Pemancing Tua Tenggelam di Danau
Loading