Sukses

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidur dalam Keadaan Lapar

Ini hal yang mungkin terjadi jika tidur dalam keadaan lapar.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mengantuk sekaligus lapar? Nah, apa yang Anda lakukan? Tidur dalam keadaan lapar atau makan? Jika Anda memilih tidur dalam keadaan lapar, ada beberapa hal yang bisa terjadi pada tubuhmu.

Tidur dalam keadaan lapar bisa berpengaruh buruk pada tubuh. Namun, makan terlalu banyak sebelum tidur pun bukan pilihan terbaik. Baiknya, perhatikan asupan nutrisi sebelum tidur dan makan beberapa jam sebelumnya.

Dampak tidur dalam keadaan lapar ini memang bisa berbeda pada setiap orang. Namun, umumnya hal itu akan berdampak pada kesehatan dan dan tubuh.

Seperti melansir dari berbagai sumber seperti Sleep Advisor, Reader's Digest, dan Brigtside, Kamis (22/8/2019), berikut beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika tidur dalam keadaan lapar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kurang tidur

Jika Anda memilih tidur ketika lapar, mungkin Anda akan tetap kurang tidur meski telah memaksakannya. Rasa lapar akan tetap memberi alarm pada otak sehingga tidur tidak nyenyak. Hal itu menyebabkan waktu tidur terdalam Anda kurang.

Kekurangan tidur itu akhirnya bisa berakibat pada kualitas tidur dan aktivitas keesokanharinya. 

3 dari 6 halaman

2. Berat badan bisa naik

Jika Anda berasumsi tidur dan membiarkan perut lapar malam hari bisa menurunkan berat badan, Anda perlu meniliknya lagi. Ternyata, tidur dalam keadaan lapar bisa menaikkan berat badan.

Itu karena ketika lapar di malam hari, Anda mungkin akan melampiaskan rasa lapar Anda ketika terbangun. Hal itu juga berkaitan dengan kadar gula darah dalam tubuh. 

Anda pun mungkin pernah merasa sulit mengontrol keinginan makanan saat lapar. Itu yang mungkin terjadi. Akibatnya, makanan tidak terkontrol dan berat badan bertambah.

4 dari 6 halaman

3. Massa otot bisa berkurang

Studi menunjukkan tidur dalam keadaan perut kosong bisa menghilangkan nutrisi yang diperlukan untuk mengubah protein menjadi otot.

Jika Anda tidak ingin itu terjadi, coba makan malam beberapa jam sebelumnya dan minum banyak air putih. Namun, hindari makan terlalu banyak juga.

5 dari 6 halaman

4. Bisa membuat mudah marah

Mood buruk karena lapar? Hal itu memang bisa terjadi. Begitu pun jika Anda tidur dalam keadaan lapar serta tidak sarapan. Anda bisa jadi mudah marah.

Penelitian dari University of Cambridge juga menemukan bahwa kadar serotonin (salah satu hormon yang memengaruhi perasaan) mulai berfluktuasi ketika orang lapar. Alhasil, otak sulit mengendalikan amarah.

6 dari 6 halaman

5. Kekurangan energi

Tubuh manusia bekerja 24 jam per hari, termasuk saat tidur. Karena terus bekerja, tubuh butuh tenaga yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya.

Saat tidur, beberapa bagian tubuh masih berfungsi dan itu membutuhkan energi. Tidur saat lapar tanpa asupan makanan bisa meningkatkan risiko bangun pagi dalam keadaan lelah.

Oleh karenanya, coba makan-makanan yang mengandung protein atau serat beberapa jam sebelum tidur. Itu bisa membantu Anda lebih segar dan bertenaga.

Studi dari Departemen Nutrisi Florida State Univerisity menemukan bahwa makan beberapa jam sebelum tidur bukan hanya berdampak untuk meningkatkan energi, tapi bisa meningkatkan metabolisme.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.