Sukses

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Rusia Larang Warganya Ciuman

Virus corona yang berasal dari Wuhan, China ini kiat sulit dikendalikan. Kematian akibat virus corona bukan hanya terjadi di China saja melainkan di beberapa negara lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona sampai saat ini masih menjadi perhatian dunia. Pasalnya, virus corona telah menyebar di berbagai negara. Mulai dari Jepang, Vietnam, bahkan Indonesia.

Virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Diketahui saat ini korban tewas wabah virus corona telah mencapai 361 jiwa.

Tak ingin menyebar lebih luas lagi, berbagai negara di belahan dunia pun mencoba beragam upaya untuk mencegah masuknya virus corona tersebut. Salah satunya adalah Rusia.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rusia imbau warganya tak ciuman

Badan Pengawas Kesehatan Konsumen Rusia menyarankan agar orang-orang menahan diri untuk tak saling berjabat tangan, berpelukan, dan ciuman. Selain itu, mereka juga menyarankan untuk memakai masker ketika berada di tempat umum.

Hal ini dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona dari Wuhan menyebar ke Rusia dilansir dari nytimes pada Senin (3/2/20). 

 

3 dari 3 halaman

WHO nyatakan darurat kesehatan global

Badan pengawas keamanan konsumen Rusia, Rospotrebnadzor menyampaikan kepada perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan warga negara China untuk memperpanjang masa liburan mereka. Ia juga mengeluarkan beberapa aturan dalam menjaga kebersihan.

Mulai dari mengikat rambut yang panjang, menghindari kenop pintu dan pegangan tangga di tempat umum, serta menghindari kontak fisik yang terlalu dekat dengan orang-orang yang memiliki gejala flu. 

Selain itu, Rusia juga akan menjaga perbatasan daratnya dengan China dengan menutup jalan bagi para pejalan kaki dan kendaraan. Saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan darurat kesehatan global atas kasus virus Corona.

Penulis: 

Ulya Kaltsum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.