Sukses

Pidato untuk Hari Guru Viral, Nadiem Banjir Pujian Warganet

Liputan6.com, Jakarta Nadiem Anwar Makarim yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju ini berhasil menarik perhatian warganet. Pria berumur 35 tahun tersebut mendapatkan banyak pujian dari warganet karena pidatonya yang akan ia bawakan pada hari guru tersebar di media sosial Twitter.

Unggahan foto yang memperlihatkan pidato Nadiem tersebut ternyata dibagikan oleh akun Twitter @Kemndikbud_RI, dalam unggahannya akun tersebut menuliskan, “#SahabatDikbud, berikut pidato Mendikbud Nadiem Makarin pada upacara bendera peringatan hari Guru Nasional 2019. Naskah pidato dapat diunduh di laman kemendikbud.go.id,” tulisnya.

 

Foto yang diunggah pada 23 November 2019 itupun mendadak viral dan mendapatkan banyak reaksi dari warganet. Bahkan beberapa warganet yang berprofesi menjadi guru pun ikut berkomentar dalam unggahan tersebut.

“Alhamdulillah mewakili isi hati. Terimakasih. Semoga bener2 terwujud mimpi2 kami para guru untuk generasi yang berkarakter dan bahagia, gurunya pun bahagia. Amin,” tulis salah satu akun Twitter.

Selain mendapatkan banyak pujian, beberapa warganet juga melayangkan kekecewaan mereka yang mengaku bahwa, sebagai guru honorer belum mendapatkan haknya sebagai guru.

“Terima kasih telah membuat pidato yang indah. Namun, di Hari Guru ini, honor kami selama satu semester belum dibayar. Kami tidak merasakan kemerdekaan,” kata akun lainnya.

2 dari 5 halaman

1. Menarik Perhatian Dian Sastrowardoyo

Unggahan akun Twitter @Kemendikbud_RI mengenai pidato Nadiem tersebut juga mendapatkan sorotan dari artis cantik Dian Sastrowardoyo. Ia juga turut menuliskan komentarnya pada unggahan tersebut,

"Suka banget dan appreciate banget pidato yang dibuat. Sangat jelas visi dan pemahaman Nadiem terhadap kondisi guru di Indonesia,” tulisnya.

3 dari 5 halaman

2. Viral

Selain mendapatkan banyak komentar dari warganet, unggahan tersebut juga viral dan berhasil disukai sebanyak 4 ribu lebih dan sudah dibagikan sebanyak 3 ribu lebih.

4 dari 5 halaman

3. Beragam Komentar dari Warganet

Reaksi dan komentar yang dikeluarkan oleh warganet pun beragam, ada yang memuji Nadiem berkat pidatonya untuk hari guru tersebut, ada juga yang berkomentar sinis mengenai viralnya pidato tersebut.

“Alhamdulillah semoga ini mampu juga meringankan pekerjaan guru-guru yang sepuh, yang sudah mendedikasikan waktu dan tenaganya demi mengajar. Hidup perjuangan,” tulis akun Twitter @AsyiqHN.

“Subhanallah. Sepanjang saya hidup menjadi WNI, baru ini mendikbud yang memberikan pemahaman macam ini. Beneran ini mah menjalankan banget ilmu dari Ki Hajar Dewantara,” balas akun Twitter @mohzamzuri.

“Masih teori.. kebijakan untuk guru honor pun gk ada, siswa di tolong guru, guru di cekek dinas pendidikan (pungli).. gk akan berubah,” jawab akun @bayuginanjar_

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemendikbud Gelar Perayaan Natal Bersama
Artikel Selanjutnya
Kata Pengamat Soal Kemendikbud Bermitra dengan Netflix