Sukses

Hindari Pelecehan Saat Konser, Baskara Putra dan Kunto Aji Sarankan Cara Ini

Kejadian pelecehan saat konser .Feast Sabtu lalu mengundang respon dari Baskara Putra untuk membuat tanda S.O.S.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari Sabtu (19/10/2019) lalu terjadi pelecehan seksual ketika grup musik .Feast tampil di Summarecon Mal Bekasi. Pelecehan dialami oleh Fattwa Pujanggawati (22) yang kemudian menceritakan kisahnya melalui akun twitter @pujanggavati.

Vokalis .Feast, Baskara Putra, ikut prihatin dengan tindakan pelecehan yang telah beberapa kali terjadi dalam pertunjukkannya. Baskara juga mengundang beberapa musisi dan followersnya untuk memikirkan cara untuk menanggulangi hal tersebut. Upaya pengurangan pelecehan seksual pada konser musik disetujui oleh banyak Netizen dan bersama-sama mencari cara terbaik.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda S.O.S

Melalui akun twitter @wordfangs, Baskara memperlihatkan perbincangannya dengan penyanyi kondang Kunto Aji. Dalam perbincangan melalui Whatsapp itu Kunto Aji menyarankan untuk mensosialisasikan tanda yang akan dipakai. Baskara mengunggah video berisikan tulisan “S.O.S” dengan latar merah yang berkedap-kedip.

3 dari 4 halaman

Disosialisasikan Oleh Musisi-Musisi Lain

Tanda S.O.S itu juga disetujui dan disosialisasikan oleh musisi-musisi lain seperti Danilla, Dipha Barus, dan The Panturas. Menurut Kunto Aji melalui cuitannya dalam akun twitter @KuntoAjiW, dengan adanya tanda S.O.S ini dapat membantu orang-orang yang mengalami pelecehan, kekerasan maupun kondisi fisik tertentu agar mendapatkan bantuan. Ia juga mengimbau agar tanda S.O.S ini tidak disalahgunakan.

“Membaca situasi juga penting, jika dirasa mulai tidak kondusif cobalah untuk mundur, menghindari kerumunan. Dan tolong video ini jangan disalahgunakan. Jangan takut, kita bersenang-senang, sampai bertemu🌻” tulis Kunto Aji dalam cuitannya pada Minggu (20/10/2019).

4 dari 4 halaman

Dukungan Netizen Mempermudah S.O.S

Netizen yang juga mendukung adanya tanda ini ikut berkontribusi dengan mencari cara yang lebih mudah untuk menggunakan tanda S.O.S.

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.