Sukses

Ternyata Ini Hari dan Waktu Anda Paling Produktif Bekerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki proyek besar untuk ditangani di tempat kerja, kapan sebenarnya waktu paling tempat untuk melakukannya? Spesialis kantor fleksibel Workthere mengungkapkan jawabannya.

Workthere melakukan penelitian terhadap 2.000 pekerja kantoran di Inggris. Mereka diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan tentang produktivitas mereka selama seminggu dan kemudian memecah hasilnya setiap hari. Ini memungkinkan mereka untuk menentukan hari-hari paling produktif dalam seminggu.

Menurut Workthere seperti dilansir dari Mirror, Selasa adalah hari di mana sebagian besar peserta merasakan tingkat produktivitas tertinggi. Ini diikuti oleh hari Senin dan Rabu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Tidak hanya hari-hari paling produktif yang ditemukan pada awal minggu, tapi para pekerja juga mengakui bahwa mereka lebih produktif pada awal hari.

Rata-rata, satu dari lima (19 persen) responden mengatakan bahwa mereka paling produktif antara pukul 08.00 dan 11.00, dengan hanya dua persen yang menyatakan paling produktif bekerja antara pukul 16.00 dan 18.00.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Penelitian Workthere juga mengungkapkan wawasan tentang pola tidur pekerja kantoran di Inggris untuk menarik hubungan potensial dengan tidur dan produktivitas. Kemudian ditemukan bahwa pekerja kantoran rata-rata tidur pada pukul 22:30 dan bangun pukul 06.45 pagi.

Responden yang tidur atau bangun lebih lambat dari jam tersebut cenderung mengalami penurunan tingkat produktivitas karena hanya dua persen responden yang bangun antara jam 9 dan 10 pagi. Sementara tujuh persennya yang tidur lebih lambat dari jam 1 pagi mengatakan bahwa mereka merasa produktif sepanjang hari.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Selain itu, penelitian ini juga menggali motivasi peserta untuk bangun di pagi hari dan bekerja. Hasilnya, uang secara alami adalah motivator utama.

Kepala Global Workthere Cal Lee mengatakan bahwa penting untuk diingat setiap orang bekerja secara berbeda. Ada yang suka bekerja jam 9-5, sementara yang lain suka bekerja di sekitar awal hari.

"Salah satu manfaat dari pekerjaan yang fleksibel adalah kemungkinan bagi pekerja untuk mengatur hari mereka di sekitar ketika tingkat produktivitas mereka mungkin paling tinggi sehingga membantu mengatur waktu mereka dengan lebih efisien," pungkas Lee.