Sukses

Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Pilih Berziarah di Makam Para Pahlawan

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara dilakukan warga untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara, perlombaan, dan pawai. Namun, ada pula yang memperingatinya dengan mengenang jasa pahlawan.

Selain keramaian di jalanan, warga juga tampak di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Pascarenungan malam, ternyata masih banyak warga yang datang ke TMP Kalibata, Sabtu (17/8/2019).

Tampak banyak orang yang berziarah ke makam keluarganya yang ada di TMP Kalibata. Namun, ada pula warga yang memang datang ke TMP untuk mengenang jasa pahlawan. Tentu saja, di Hari Kemerdekaan, peran para pahlawan tak bisa dilupakan.

2 dari 5 halaman

Mendoakan pahlawan

Salah satu yang memperingati kemerdekaan di TMP Kalibata adalah Baginda Sibuan. Lelaki itu mengaku memang momen kemerdekaan ini berkaitan dengan jasa pahlawan. Makam para jenderal pun ingin disambanginya.

"Mau mendoakan lah, supaya dia lapang di dalam kuburnya. Lantaran kita makan pisang bakuahnya ini sekarang (red: Lantaran kita makan hasil jerih payahnya)," kata lelaki itu ketika ditemui di TMP Kalibata, Sabtu (17/8/2019)

Memperingati 17 Agustus ini, lelaki itu memang tampak mengenang para pahlawan. Sebelum pergi ke tempat lain, Baginda sempatkan berdiam dan berdoa di depan beberapa makam pahlawan.

3 dari 5 halaman

Dari kerabat hingga pahlawan tak dikenal

Peringatan tujuh belasan ini jadi salah satu momen warga berziarah. Penjaga makam pun mengakui, di Hari Kemerdekaan sering banyak warga yang datang, baik keluarga maupun umum.

Rista, salah satu warga yang datang ke TMP untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ini. Bukan dengan mengikuti perlombaan atau datang ke pawai, perantau itu memilih datang ke TMP untuk mengenang jasa mereka.

"(Ini) cara (saya) berterima kasih," katanya ketika ditanya alasannya memperingati kemerdekaan dengan datang ke taman makam pahlawan.

Bukan hanya ke makam pahlawan terkenal, dirinya pun mendatangi dan mendoakan makam dengan nisan bertuliskan pahlawan tak dikenal, pedjoang, pemuda, dan rakjat. Bunga pun sesekali ditaburkan di atas makam-makam itu.

4 dari 5 halaman

Muda dan tua

Warga yang memperingati HUT ke-74 RI di TMP Kalibata pun datang dari beragam kalangan. Tua juga muda. Begitu pun pelajar SMP Muhammadiyah 4 Jakarta.

Sembari membuat konten vlog, mereka datang ke TMP di momen kemerdekaan. Mereka pun mengakui pentingnya mengenang jasa pahlawan di peringatan Hari Kemerdekaan RIĀ ini.

"Karena kita ingin mengenang jasa pahlawan kita yang telah gugur di medan perang," kata salah satu anak bernama Reza ketika ditanyai alasannya datang ke TMP.

Temannya yang lain pun menimpali, "Soalnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya."

Di Dirgahayu ke-74 RI ini pun mereka menyatakan harapannya untuk Indonesia. "Semoga Indonesia makin maju, makin sukses, makin sejahtera," kata anak lainnya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading