Sukses

5 Tanaman Ini Mudah Dipelihara di Dalam Ruangan, Yuk Coba

Liputan6.com, Jakarta - Memelihara tanaman di dalam ruangan tak hanya tren semata. Faktanya, adanya tanaman di dalam rumah memiliki banyak manfaat positif, seperti meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, mengurangi stres, bahkan memperbaiki mood.

Meski demikian, tidak semua tanaman cocok dipelihara di dalam ruangan. Berikut 5 tanaman yang mudah dipelihara di dalam ruangan seperti dilansir dari eHow.

1. Tanaman Zee Zee, Zamioculcas zamiifolia

Sering disebut juga tanaman ZZ, tanaman ini berasal dari Afrika dan memiliki bentuk yang bagus. Mereka tumbuh perlahan dan bisa menjadi besar jika daun-daunnya dipotong.

Kondisi tumbuh: cahaya rendah ke terang. Biarkan tanah mengering di sela-sela penyiramannya.

Ukuran: 60-91 cm. Untuk diketahui, tanaman ini beracun jika dimakan atau dikunyah oleh anak-anak dan hewan peliharaan. Karena itu, jauhkan dari jangkauan mereka.

 

 

2 dari 6 halaman

2. Tanaman Philodendron, Philodendron bipennifolium

Ada kualitas pahatan dan organik yang sangat indah untuk tanaman ini. Meski tanaman ini butuh banyak perhatian, tapi mereka mudah untuk dipelihara.

Kondisi tumbuh: cahaya sedang hingga cerah tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Bila terkena cahaya langsung, tanaman akan menghasilkan daun yang lebih kecil tanpa celah atau lubang. Biarkan tanah mengering di sela-sela penyiraman. Ukuran 4-6 meter dan lebar.

 

3 dari 6 halaman

3. Tanaman Karet, Ficus Elastica Robusta

Di Indonesia lebih dikenal sebagai Karet Kebo. Tanaman ini bisa tumbuh menjadi pohon, tapi jika teratur dipangkas mereka akan tetap berukuran kecil dan lebat.

Kondisi tumbuh: cahaya sedang hingga terang. Biarkan permukaan tanah mengering di sela-sela penyiraman.

Memiliki ukuran tinggi hingga 2 meter dan lebar 1 meter. Untuk diketahui, getah putih susu yang keluar dari tanaman ini dapat menyebabkan iritasi bagi orang dengan kulit sensitif.

 

4 dari 6 halaman

4. Tanaman ular, Sansevieria trifasciata

Lebih dikenal sebagai tanaman lidah mertua, tanaman ini termasuk kategori yang paling mudah dipelihara. Bahkan jika Anda mengabaikannya untuk waktu yang agak lama.

Mereka suka dengan cahaya rendah tapi lebih suka dengan kondisi cahaya yang cerah. Kondisi tumbuh: cahaya rendah ke terang. Biarkan permukaan tanah mengering di sela-sela penyiraman. Ukuran: tinggi dan lebar hingga 1 meter.

 

5 dari 6 halaman

5. Tanaman Guiana chestnut, Pachira aquatica

Tanaman Pachira sering disebut sebagai "pohon uang" karena menjadi pertanda keberuntungan. Pohon ini dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memelihara dan mengepang batangnya.

Kondisi tumbuh: cahaya tak langsung atau cahaya rendah. Jika tanaman mulai menguning atau layu, ia lebih butuh banyak cahaya. Siram setiap 7-10 hari. Memiliki tinggi dan lebar hingga 4-6 meter.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lidah Mertua dan 4 Tanaman Bermanfaat Lain yang Punya Nama Unik
Artikel Selanjutnya
Cegah Polusi Udara, Pemprov DKI Akan Bagikan Lidah Mertua Gratis