Sukses

Alternatif Saat Mati Lampu, Trik Mudah Buat Lilin dari Kapas

Liputan6.com, Jakarta Mati lampu di sejumlah wilayah di Jabodetabek masih terjadi hingga Senin (5/8) siang. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pemadaman bergilir masih akan terjadi hingga sore hari.

Terkait masih adanya wilayah yang mengalami mati lampu, hal ini disebabkan oleh pasokan listrik dari pembangkit yang belum optimal.

Untuk membantu pencahayaan saat mati lampu tentu banyak orang yang menggunakan lilin. Terlebih lagi saat mati lampu di malam hari. Sayangnya tak semua orang bisa mendapatkannya lantaran kehabisan persediaan.

Namun jangan khawatir, nyatanya kalian bisa mencoba cara membuat lilin dari bahan yang mudah ditemui satu ini yaitu kapas. Mungkin banyak belum mengetahui bahwa kapas bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti lilin ya. Lantas bagaimana cara membuatnya? Dikutip dari akun Twitter @ramafauzie, berikut tutorialnya.

2 dari 5 halaman

Bahan

Berikut bahan-bahan yang harus kalian persiapkan:

  • Piring beling
  • Kapas
  • Minyak goreng
  • Korek

 

 

3 dari 5 halaman

Cara membuat

Pelintir kapas dan letakkan di atas piring. Lalu siram kapas dengan minyak goreng dan kemudian bakar ujung kapas. Kalian bisa menambahkan minyak jika sudah tak tersisa di atas piring. "Lilin" ini nampaknya bisa menjadi alternatif di saat kondisi darurat. Namun ada baiknya kalian tetap berhati-hati ketika menggunakannya.

 

4 dari 5 halaman

Tutorial

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur