Sukses

Satu Keluarga Turis Asing Tepergok Mencuri di Bali, Ini 2 Kasus Lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tempat di Indonesia memang menjadi destinasi wisata. Kedatangan turis asing pun bisa menambah devisa. Namun, tak semua kelakuan turis asing menyenangkan. Beberapanya malah merugikan.

Beragam kelakuan turis asing bisa merugikan. Misalnya akhir-akhir ini viral video turis India yang ketahuan mencuri di salah satu vila di Bali.

Selain mencuri, beberapa kelakuan turis asing lain pun dapat menyebalkan. Misalnya mengamen untuk liburan. Bahkan, ada turis asing yang mencuri karena kehabisan uang.

Beberapa kasus akibat kesalahpahaman pun pernah terjadi. Misalnya kasus kesalahpahaman bahasa antara turis dengan karyawan, sehingga tidak membayar barang yang digunakannya.

Kasus lain seperti turis yang ketahuan membawa narkoba pun pernah terjadi. Dirangkum oleh penulis, berikut beberapa kelakuan turis asing di Indonesia.

2 dari 5 halaman

1. Turis India ketahuan mencuri di Bali

Video yang menunjukkan turis dari India kedapatan mencuri di salah satu vila di Gianyar Bali ramai di media sosial. Dalam video terlihat pihak vila menggeledah isi tas keluarga turis itu.

Sebelumnya, ketika checkout, turis India itu diberhentikan dan ditanya oleh pihak vila. Namun, mereka mengelak hingga akhirnya digeledah.

Dalam tas itu ditemukan barang-barang vila, seperti hairdryer, speaker, tatakan piring, rotan toilet, copala tea (tempat teh), dan barang lainnya. Dalam video pun terekam, pelaku menawarkan untuk membayarnya. Namun, pihak vila melihat masalahnya bukan hanya soal uang.

Kejadian itu pun menuai beragam respons warganet dan dianggap merusak citra turis India. Salah satu yang mengunggahnya adalah akun akun @minimathur. Hingga Kamis (1/8/2019), unggahan Sabtu (27/7/2019) itu telah mendapat lebih dari 6,2 ribu retweet dan 9,7 ribu likes.

3 dari 5 halaman

2. Kehabisan uang, turis Australia mencuri di vila

Selain kasus turis India yang mencuri di vila, di tahun sebelumnya pada November 2018, terjadi kasus turis asing yang mencuri di vila yang berlokasi di Bali.

Dilansir dari merdeka.com, pria asal Australia bernama Liam Connor Leppin itu menggondol beberapa barang milik karyawan seperti handphone, powerbank, dan anting emas.

Saat ditanya, turis asing itu mengaku mencuri karena kehabisan uang setelah seminggu berada di Bali.

4 dari 5 halaman

3. Turis mencuri diarak di Gili Trawangan

Kejadian turis asing yang mencuri di Indonesia bukan hanya terjadi di Bali. Selain kasus turis India itu, beberapa tahun sebelumnya turis asal Australia lainnya kedapatan mencuri sepeda di Gili Trawangan.

Kasus itu terjadi Desember 2016. Sebagai sanksinya, dua turis itu mendapat sanksi sosial berupa diarak dengan membawa tulisan "I am thieve. Don't do what i did...!!!"

Di tahun sebelumnya, 2015, turis asal Prancis pun pernah tepergok mencuri ponsel di Gili Trawangan dan mendapat sanksi serupa.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Speedboat Wisata Terbalik di Bali, Dua Turis Asing Meninggal
Artikel Selanjutnya
Sederet Kelakuan Miris Turis Asing di Indonesia yang Mengurut Dada