Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Lain Mayones untuk Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta - Mayones menjadi salah satu jenis saus yang sangat cocok digunakan sebagai campuran untuk beragam makanan. Hampir semua orang tentu pernah menggunakan saus ini sebagai tambahan di dalam makanan mereka.

Mayones merupakan tambahan yang sempurna untuk membalut berbagai macam jenis makanan. Kebanyakan, mayones digunakan sebagai campuran dari makanan cepat saji, seperti burger, hot dog, kebab, french fries, ayam goreng, dan sebagainya.

Mayones juga bisa digunakan sebagai campuran saus tomat atau saus sambal. Selain itu, mayones juga sangat bagus jika digunakan sebagai bahan tambahan di dalam salad.

Namun, tahukah kamu, bahwa selain berbagai manfaat tadi, ternyata mayones juga memiliki berbagai manfaat lain? Dilansir dari Tips and Tricks, Rabu (15/5/2019), berikut lima trik yang bisa kamu terapkan dengan menggunakan mayones.

1. Menghapus Noda Cat

Apakah kamu pernah secara tidak sengaja menjatuhkan tetesan cat pada lantai rumahmu? Kamu sudah mencoba membersihkannya, tetapi ternyata tidak mudah? Jangan khawatir! Kamu bisa mengoleskan sedikit mayones ke noda tersebut sebelum catnya mengering dan menjadi keras.

Minyak yang ada di dalam mayones dapat menarik minyak yang ada di dalam cat. Artinya, kamu dapat dengan mudah menghapus noda cat dan mayones tersebut secara bersamaan. Kamu bisa membersihkannya menggunakan kain setelah cat tersebut menyerap mayones.

2. Penyelamat Makanan

Kamu pasti akan merasa kesal ketika kamu sedang membuat schnitzel, tetapi ternyata kamu kehabisan telur untuk mencampurnya pada tepung roti.

Sekarang, kamu bisa melapisi kedua sisi schnitzel dengan mayones. Selain schnitzel, kamu juga bisa melapisi mayones pada berbagai bahan makanan yang akan kamu balur dengan remah roti.

Namun, pastikan bahwa lapisan mayones yang dibubuhi tidak terlalu tebal. Dengan menggunakan mayones sebagai pengganti telur, kamu tidak akan merasakan perbedaan apa pun pada makananmu.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan Sebagai Masker Rambut

Mayones dapat melembapkan rambutmu dan membuatnya menjadi berkilau. Kamu bisa menggunakannya dengan cara membubuhkan beberapa sendok makan mayones ke dalam mangkuk kecil dan menambahkan satu sendok teh ekstrak vanila.

Ekstrak vanila tersebut akan membuat aroma campurannya menjadi lebih baik. Setelah itu, kamu bisa menggunakan campuran ini ke rambutmu.

Saat menggunakan campuran ini, pastikan rambutmu dalam keadaan kering dan belum dicuci. Pijat rambutmu dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci rambutmu dengan sampo dan bilas sekali lagi dengan menggunakan air dingin.

4. Gunakan untuk Merawat Tanaman

Sama seperti saat digunakan sebagai masker rambut, mayones juga baik jika digunakan untuk tanamanmu. Caranya yang bisa kamu lakukan adalah, bersihkan daun tanamanmu dengan sabun cair dan air.

Kemudian oleskan sedikit mayones pada selembar tisu dan gosokan mayones ke atas daun tanaman. Dampaknya, tanamanmu akan terlihat cantik dan sehat dalam waktu yang lama.

5. Pelumas Engsel Bersuara Nyaring

Kamu pasti membenci beberapa benda di rumah yang sering menimbulkan bunyi decit yang nyaring. Contohnya, engsel pintu, jendela, atau lemari.

Namun, sekarang kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah. Caranya adalah dengan membersihkan engselnya dan kemudian mengoleskan sedikit mayones pada engsel tersebut.

Bersihkan sisa-sisa mayones yang menempel pada engsel dan selesai! Barang-barang di rumahmu tidak akan lagi menimbulkan suara decit yang menyebalkan.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading