Sukses

Peringati Hari Bumi Sedunia, Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, (22/04/2019), seluruh warga dunia memperingati Hari Bumi Sedunia. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Bumi ini.

Biasanya masyarakat di berbagai negara membuat aksi peduli lingkungan, di antaranya dengan menanam pohon, menghemat pemakaian air bersih, mengirit energi listrik, dan lainnya.

Selain kegiatan tersebut, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya untuk memperingati Hari Bumi bersama orang-orang tercintamu. Penasaran kegiatan apa saja? Berikut ulasannya.

1. Ikut Menjadi Relawan Cinta Bumi

Beberapa hari sebelum Hari Bumi, biasanya beberapa organisasi relawan mengadakan ajakan secara cuma-cuma untuk bergabung merayakan Hari Bumi. Kegiatan yang ditawarkan pastinya seru-seru sekali. Kamu dan relawan-relawan lain bisa ikut membantu membersihkan lingkungan, memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu atau anak-anak mengenai cinta Bumi dan kegiatan seru lainnya.

Selain bisa melakukan hal-hal seru yang bermanfaat bagi Bumi, kamu juga bisa bertemu orang-orang baru yang peduli akan kebaikan Bumi ini. Namun, jika kamu belum mendaftar, kamu bisa melakukan kegiatan cinta Bumi sendiri atau dengan mengajak teman-temanmu membuat sebuah proyek.

2. Matikan Listrik Selama Beberapa Waktu

Walau earth hour sudah berlalu pada 30 Maret kemarin, mengulang kebiasaan baik tidak ada salahnya, kan? Kamu bisa mematikan listrik di rumahmu hari ini selama beberapa waktu, jika tidak dibutuhkan. Dengan hal ini, kamu telah menyumbang kebaikan untuk Bumi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan waktu tanpa listrik ini dengan merelaksasi diri, melakukan refleksi, ataupun berolahraga kecil di rumah. Atau tanpa adanya TV, kamu atau orang-orang tersayangmu bisa menghabiskan waktu bersama dengan mengobrol dan bermain.

2 dari 3 halaman

3. Lakukan Recycle dengan Barang-Barang Bekasmu

Mungkin hari ini kamu tengah menggunakan plastik? Atau kamu jenuh dengan beberapa barang-barang yang tidak terpakai, tapi masih menumpuk di kamarmu? Bagaimana jika kamu menunjukkan sisi kreatif dalam dirimu hari ini!

Kamu bisa mengubah tempat deterjen tak terpakai menjadi tempat bercocok tanam. Buku-buku usang yang sudah kamu tidak baca lagi bisa kamu ubah menjadi kursi santai lucu bertema vintage. Kamu bisa memamerkan aksi recycle-mu ini kepada para pengikutmu di media sosial. Pastikan mereka turut tersebar virus cinta Bumi, ya!

4. Menikmati Alam

Terkadang, kesibukan bekerja atau ke kampus membuat kita merasa penat dan melupakan Bumi kita yang semakin lama semakin tua. Kita hanya bisa melihat Bumi kita beranjak tidak sehat lewat berita bencana alam yang terjadi di berbagai belahan dunia, akibat ulah manusia. Sebelum kita melewatkannya, pastikan kita menghargai Bumi ini dengan menikmati keindahannya.

Jika sedang berada di keramaian kota, datanglah ke taman kota terdekat, kemudian rasakan ketenangan berada di sana. Berada di suasana hijau akan membuatmu lebih relaks dari segala penat yang menghampirimu! Dan hal yang membuat kamu lebih semangat, menikmati alam itu gratis.

 

3 dari 3 halaman

5. Menonton Film tentang Bumi

Banyak sekali film-film terkenal yang menyangkut dan mengangkat tema tentang Bumi dan sampai sekarang menjadi favorit. Seperti film superhero Aquaman yang baru saja tayang tahun 2018, yang ceritanya sedikit "menyentil" kebiasaan manusia dalam pencemaran lingkungan.

Film dokumenter terkenal A Beautiful Planet (2016) juga menjadi favorit para pencinta film dikarenakan mengambil tema yang tidak biasa, yakni menyelidiki keindahan yang dimiliki planet Bumi. Film ini dibintangi si cantik Jennifer Lawrence.

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan