Sukses

Sering Mengantuk? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk bisa datang kapan saja, bahkan di waktu yang tidak tepat. Akan sangat menyebalkan ketika kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi rasa kantuk yang hadir sudah tidak bisa diajak kompromi.

Di satu sisi kamu sangat ingin untuk tidur, tetapi di sisi lain pekerjaan tersebut sudah tidak bisa ditunda lagi. Mungkin saja kamu bisa memaksakan mata dan menahan kantuk selama beberapa menit. Namun, bagaimana jadinya jika kamu masih terus terlelap dalam beberapa menit berikutnya?

Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan cara agar bisa tetap terjaga nampaknya kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini.

2 dari 7 halaman

1. Air Dingin

Mungkin kamu sering melihat adegan di dalam film, di momen saat sang tokoh utama kelelahan atau pulang ke rumah dengan badan penuh luka. Setelah sampai di rumah, hal pertama yang akan dilakukan oleh tokoh tersebut adalah pergi ke wastafel atau ke toilet.

Di sana, ia akan membasuh wajahnya atau bahkan mandi menggunakan air dingin. Setelah itu, ia akan merasa segar dan siap untuk kembali menghadapi masalahnya lagi.

Adegan yang ada di dalam film mungkin saja dilebih-lebihkan untuk mencapai efek tertentu. Namun, cara yang digunakan bisa kamu contoh dan praktikkan sendiri di rumah.

Jika rasa kantukmu sudah tidak bisa ditahan, kamu bisa memercikkan air dingin ke bagian leher atau wajahmu. Jika tidak berhasil, kamu bisa membasuh telapak tangan atau membasuh wajah hingga rasa kantukmu hilang dan kamu bisa merasa segar lagi.

3 dari 7 halaman

2. Cari Hiburan

Saat kantukmu sudah tak tertahankan tetapi kamu harus tetap bekerja, kamu bisa beristirahat sejenak dan mencari hiburan di ponsel. Bukalah media sosialmu atau berselancarlah di internet dan cari video atau foto lucu yang bisa menghiburmu. Tertawa dapat membantumu agar tetap terjaga dan bisa mengusir rasa kantuk untuk sementara waktu.

4 dari 7 halaman

3. Berjalan-jalan

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar tetap terjaga adalah bangun dan berjalan ke luar. Pergilah ke luar ruangan dan hirup udara segar. Luangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di daerah sekitar.

Jika terasa membosankan, kamu bisa mendengarkan musik atau menari-nari kecil. Olahraga ringan yang kamu lakukan ini dapat membuatmu terjaga lebih lama dan meningkatkan rasa waspada.

5 dari 7 halaman

4. Pastikan Ruangan Tetap Terang

Usahakan ruangan yang kamu gunakan untuk bekerja memiliki sorot lampu seterang mungkin. Cahaya yang terang dapat merangsang panca indera dan membuatmu akan sulit untuk tidur, bahkan ketika kamu menginginkannya. Semakin cerah keadaan di sekitarmu, maka makin besar peluangmu untuk tetap terjaga hingga malam hari.

6 dari 7 halaman

5. Hindari Musik dengan Tempo Lambat

Kamu bisa menerapkan cara ini jika kamu sedang sendirian atau tidak dalam posisi yang bisa mengganggu orang lain. Mainkan musik kesukaanmu dan keraskan volumenya sedikit. Carilah musik dengan genre yang bisa membangkitkan semangatmu.

Musik dengan genre beat, rock, pop-rock, bahkan metal bisa menjadi beberapa alternatif pilihan. Musik dengan genre-genre tersebut dapat mebantumu melawan kantuk hingga kamu bisa tetap terjaga hingga larut malam.

7 dari 7 halaman

6. Camilan

Berikan ekstra energi pada tubuhmu dengan memakan beberapa camilan. Jika kamu khawatir dengan dampak negatifnya, kamu bisa mengganti camilanmu dengan beberapa buah-buahan.

Contohnya apel, jeruk, pisang, atau buah lain yang memiliki rasa yang manis. Gula alami yang ada di dalam buah tersebut, dapat membantu meningkatkan sedikit energi di dalam tubuhmu. Jika tak ada buah dan kamu ingin menghindari junk food. Kamu bisa memakan permen, es krim, dan camilan lain dengan kandungan gula yang cukup untuk membuatmu tetap terjaga.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mencegah Rasa Kantuk Menyerang Saat Berkendara