Sukses

5 Tempat Wisata di Madura yang Tak Kalah dari Bali, Piknik Yuk!

Liputan6.com, Jakarta Madura merupakan sebuah pulau berada di Jawa Timur, pulau ini memiliki sejuta pesona dan panoroma alam yang menakjubkan yang seringkali belum diketahui wisatawan, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan yang ada di Madura. Madura memiliki banyak objek wisata, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, dan memiliki tempat wisata air terjun yang sangat indah.

Sate adalah kuliner yang terpikirkan ketika mendengar Madura. Kuliner ini sangat identik dan melegenda dengan pulau yang masih berada di Provinsi Jawa Timur ini selain dari melegendanya tukang cukur khas Madura.

Namun tahukah anda bahwa selain terkenal dengan satenya yang melegenda, Madura juga memiliki potensi wisata alam seperti pantai dan air terjunnya.

Apabila memiliki rencana untuk berlibur ke Pulau Madura, jangan khawatir akan keindahannya. Tempat wisata di Madura ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk dikunjungi.

Selama ini Tempat wisata di Madura jarang terdengar wisatanya, namun Kabupaten Madura ini jug memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan tempat wisata di kota-kota lainnya.

Untuk menuju Madura bisa dilakukan menggunakan jalur darat melalui jembatan Surabaya-Madura atau dikenal dengan Suramadu dan jalur laut menggunakan kapal dari Surabaya. Suramadu memang menjadi penting keberadaannya demi percepatan pembangunan di pulau tersebut di provinsi Jawa Timur.

Semenjak adanya Jembatan terpanjang di Indonesia ini juga mempermudah wisatawan untuk mengakses tempat-tempat wisata di sini terutama untuk wisatawan yang ada di luar pulau seperti Jawa dan merupakan tempat wisata di Jawa timur .

Berikut tempat wisata di Madura yang harus kamu kunjungi, yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/3/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih merupakan lokasi tempat penambangan batu kapur. Meski menjadi, lokasi penambangan yang masih aktif, tempat wisata di Madura ini tetap menarik untuk dikunjungi saat liburan. Dari atas bukit, bisa menyaksikan pemandangan keindahan alam di sekitarnya.

Di lokasi ini terdapat pula kolam renang Gua Pote, tepatnya di sebelah utara bukit. Kolam renang ini berbeda dengan kolam renang pada umumnya karena berada tepat di bekas tambang batu kapur. Objek wisata ini buka pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Berendam di kolam renang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, apalagi dengan suasana alam di sekitar berupa tambang batu kapur. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai bisa jadi daya tarik tambahan, seperti area parkir, gazebo, kamar mandi, hingga beberapa penjual makanan.

3 dari 6 halaman

2. Gili Labak

Nama yang familiar apabila kita berkunjung ke Pulau Lombok, namun Gili Labak ini adalah tempat wisata di Madura. Gili Labak menjadi salah satu destinasi wisata yang tersembunyi di Madura, kegiatan wisata bisa melakukan snorkeling di sekitaran pulau kecil yang ada.

Keindahan Gili Labak karena pasir putihnya, ombak biru, pulau yang hijau dan gugusan terumbu karang yang istimewa melengkapi surga kecil di sudut Madura ini.

Pulai indah ini tidak terlalu luas, hanya seluas lapangan sepak bola, dan tempat wisata di Madura ini memang belum lengkap dengan fasilitas pendukungnya, jumlah penduduk yang ada di pulau ini juga hanya sekitar tiga puluh kepala keluarga saja.

 

4 dari 6 halaman

3. Gili Genting

Tidak sedikit destinasi wisata asyik di Gili Genting, mulai dari pantai Sembilan hingga Pantai Kahuripan. Nama pantai Kahuripan memang tidak populer bagi travelling maupun peminat wisata pantai. Namun keindahan sebuah pantai, akan dirasakan ketika dikunjungi dan dinikmati lokasi dimana pantai berada.

Dibanding pantai yang ada di Sumnep, seperti pantai Salopeng dan Lombang, pantai Kahuripan jauh lebih alami, dan bahkan tidak terjamah sebagai kegiatan wisata, kecuali masyarakat setempat untuk sekedar jalan-jalan menikmati nuansa pantai. Destinasi ini bahkan, saking indahnya, tidak sedikit yang menyebut pemandangan di Gili Genting bak di Hawaii.

5 dari 6 halaman

4. Bukit Kapur Arosbaya

Selain Bukit Jaddih, ada juga bukit Arosbaya, yang sama-sama merupakan sebuah tambang batu kapur, yang menawarkan spot foto yang tidak kalah eksotik.

Terlihat tekstur bukit yang unik dengan banyak ‘Ukiran’ dan hasil pahatan para ‘petani kapur’ membuat bukit ini memiliki bentukan baru yang unik. Kamu tidak akan bisa menolak untuk berfoto di setiap sudut tempat wisata di Madura ini. Tempat wisata ini buka pada pukul 06.00-17.00 WIB.

6 dari 6 halaman

5. Gili Pandan

Gili Pandan merupakan tempat wisata di Madura yang tidak berpenghuni, yang menjadikan seperti memiliki pulau pribadi, hal ini bisa kamu rasakan ketika berada di Gili Pandan. Nuansa alami dari pulau tropis ini tidak terbantahkan karena pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang tenang serta ikannya yang warna-warni.

Mayoritas yang berkunjung ke Gili Pandan adalah kalangan anak muda, ketika disini kamu bisa menikmati trasnportasi dengan naik kapal dengan harga yang terjangkau, Rp 20.000,- untuk menaiki kapal pulang pergi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS