Sukses

Ini Potret Kelakuan Unik Penumpang MRT Demi Selfie, Menhub Ikut Komentari

Sutopo Purwo Nugroho juga menanggapi foto penumpang MRT yang viral.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta fase pertama akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (24/3/2019). Usai diresmikan, MRT Jakarta fase I akan beroperasi non-komersial hingga 31 Maret 2019 sehingga masyarakat masih bisa menjajal moda transportasi terbaru ini secara gratis. 

Sementara itu, MRT Jakarta akan beroperasi komersial mulai 1 April 2019.

Setelah diuji cobakan kepada masyarakat sejak 12 Maret lalu, berbagai respon ditunjukkan melalui potret penumpang MRT. Respon positif ditunjukkan oleh beberapa orang yang membagikan kesan pertama menaiki MRT berupa kenyamanan yang ditawarkan MRT melalui akun media sosial mereka.

Namun, bukan berarti seluruh lapisan masyarakat mampu memanfaaatkan fasilitas uji coba MRT dari pemerintah. Pasalnya, banyak ditemukan penumpang MRT yang bergelantungan di dalam kereta. Bahkan, tidak sedikit yang berpose menginjak kursi kereta hanya demi sebuah foto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penumpang menginjak kursi untuk selfie.

3 dari 6 halaman

Potret Penumpang bergelantungan

4 dari 6 halaman

Para penumpang menikmati makan sambil lesehan

5 dari 6 halaman

Respon Sutopo Terhadap Foto Penumpang MRT yang Viral

Melalui akun Twitter pribadinya, @Sutopo_PN, Ia memberikan tanggapan mengenai tingkah laku masyarakat Indonesia yang kurang menghargai fasilitas yang diberikan pemerintah. Dalam cuitannya, Sutopo menuliskan,

“Mirisnya kita dengan perilaku seperti ini. Bergelantungan & menginjak kursi di MRT hanya demi foto selfie. Seolah belum mengenal etika moral, sopan santun dan rasa memeliharai fasilitas publik.

Pengetahuan memang meningkat tapi sikap dan perilaku masih rendah.”

Perilaku yang tidak pantas tersebut tak ayal membuat Sutopo terheran-heran mengingat para penumpang dalam foto yang tersebar bukanlah anak-anak. Pasalnya, pelakunya justru para remaja yang sepatutnya memahami apa itu tata krama.

6 dari 6 halaman

Tanggapan Menhub Budi Karya Sumadi

Selain Sutopo, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga menyayangkan perilaku penumpang mrt yang viral di media sosial. Budi mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengevaluasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan.

“Kita evaluasi, yang pertama adalah lifestyle dari masyarakat, jadi memang ini kami melihat ada masyarakat yang kurang tertib lah ya, makan di stasiun, gelantungan, itu viral ya,” ujarnya saat menghadiri acara peresmian MRT Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Tak hanya foto bergelantungan dan menginjak kursi yang ramai dibicarakan di media sosial, para penumpang MRT juga kedapatan duduk lesehan sambil makan seolah-olah sedang berpiknik bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.