Sukses

Ini Fungsi Vitamin B5 dan Vitamin F untuk Kesehatan Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta Vitamin adalah salah satu kandungan penting yang diperlukan tubuh kita. Biasanya kita mendapatkan vitamin dengan mengonsumsi buah, sayuran, ataupun jenis makanan tertentu. Tak hanya berfungsi untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita, vitamin bermanfaat bagi perawatan kulit wajah

Di antara sekian banyak jenis vitamin yang ada, vitamin B5 dan vitamin F yang jarang terdengar selama ini memiliki banyak fungsi penting untuk kulit. Bahkan, hingga kini sudah banyak produk skin care yang menggunakan vitamin B5 sebagai salah satu bahan utamanya. Sedangkan vitamin F sebenarnya adalah asam lemak esensial Omega-6 yang juga dikenal dengan istilah asam linoleat.

Berbeda dengan vitamin C yang merupakan bahan aktif dalam produk perawatan kecantikan vitamin F memiliki tugas untuk memfasilitasi bahan aktif seperti vitamin C tersebut agar bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.  Vitamin F biasa ditemukan dalam minyak zaitun, safflower, dan bunga matahari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

2 dari 4 halaman

Fungsi vitamin B5, menghidrasi kulit, cegah penuaan dini

Menghidrasi Kulit

Vitamin B5 bermanfaat menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Paparan sinar matahari yang terlalu lama, berada di dalam ruangan ber-AC, serta gaya hidup yang kurang sehat adalah sebagian kecil dari penyebab kering dan dehidrasinya kulit.

Oleh karena itu, untuk membantunya agar tidak kering dengan menciptakan lapisan pelindung guna mengunci kadar air pada kulit, kamu bisa mengandalkan vitamin B5. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih lembut dan elastisitasnya meningkat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan produk skin care seperti sunscreen yang dilengkapi dengan kandungan vitamin B5 untuk mencegah supaya kulit tidak kering dan kasar, seperti pelembap dan juga face mist.

Mencegah Tanda Penuaan Dini

Dikarenakan mampu meningkatkan produksi kolagen serta dapat meregenerasi sel kulit wajah dengan baik, maka jangan heran jika vitamin B5 dapat diandalkan untuk mengenyalkan tekstur kulit.

Selain itu, jenis kandungan ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengunci kadar air dalamnya. Sehingga keremajaan kulit pun senantiasa terpelihara.

Vitamin B5 juga mampu meningkatkan produksi glutathione yang bekerja sebagai anti-oksidan guna melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, serta kulit yang stres.

3 dari 4 halaman

Fungsi vitamin B5, meredakan kulit iritasi, cegah minyak berlebih

Meredakan Kulit Iritasi

Salah satu manfaat penting dari vitamin B5 adalah kemampuannya untuk menenangkan serta meredakan kulit yang iritasi dan mengalami luka. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin B5 atau pantothenic acidsecara efektif bekerja sebagai anti inflamasi untuk dapat mengurangi iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya.

Vitamin B5 juga berperan penting untuk membantu penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kemampuan sel kulit yang berperan dalam membentuk jaringan baru setelah terjadinya luka.

Pada saat kulit mengalami luka atau iritasi, pantothenic acid bekerja untuk meningkatkan pembentukan keratinocytes yang penting untuk menjaga fungsi kulit sebagai pelindung tubuh.

Mencegah Minyak Berlebih Penyebab Jerawat

Kulit berminyak bukan hanya akan membuat wajah tampak kusam, tetapi juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat karena adanya kelebihan sebum, kotoran, serta bakteri yang menyumbat pori-pori.

Vitamin B5 mampu mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih secara efektif karena dapat meningkatkan produksi squaleneyang dapat memperkuat jaringan folikel, sehingga produksi minyak berlebih pun dapat ditekan.

Selain itu, pantothenic acid juga dapat bekerja sebagai antibakteri yang dapat mencegah minyak, kotoran, dan debu pada wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat.

Menjadikan Tampilan Wajah Lebih Glowing

Kulit wajah yang tampak sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Kulit wajah yang glowing dan bercahaya biasanya memiliki ciri di antaranya, bebas kusam, teksturnya kenyal, serta permukaan kulitnya terasahalus dan lembap.

Vitamin B5 dapat bekerja secara efektif untuk menjadikan kulit tetap terhidrasi, terjaga kelembapanya, bebas dari iritasi dan jerawat, serta membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Oleh karenanya, vitamin B5 menjadi salah satu ingredient penting yang harus ada di dalam produk skin care jika ingin mendapatkan kulit wajah yang glowing dan tampak sehat.

4 dari 4 halaman

Fungsi Vitamin F untuk kulit

Dibandingkan dengan vitamin B5, Fungsi vitamin F lebih kepada menjadi jembatan bagi bahan aktif lainnya dalam perawatan kulit wajah.

Sebagai fasilitator bahan aktif produk kecantikan berkat daya serapnya

Vitamin F juga dapat meresap dengan sangat baik ke dalam permukaan kulit. Inilah mengapa vitamin F sering digunakan untuk memfasilitasi penetrasi bahan aktif lainnya, seperti antioksidan.

Beberapa minyak esensial, seperti argan, rosehip, dan chia sangat populer karena mengandung vitamin F yang merupakan kumpulan lemak tak jenuh, seperti omega 3, 6, dan 9, hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Mereka adalah bahan-bahan penting untuk membentuk penghalang kulit. 

Manfaat konsumsi oral vitamin F untuk kulit

Vitamin F tidak hanya bisa dimasukkan di dalam produk perawatan kecantikan yang digunakan secara topikal (dioles). Asam lemak sehat ini juga bisa dikonsumsi secara langsung.

Ketika dikonsumsi secara oral, asam lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan membran sel yang sehat, produksi hormon, dan mempertahankan kekebalan tubuh.

Sedangkan ketika diaplikasikan pada kulit, vitamin F dapat memberikan penampilan yang kenyal dan sehat.

Kita bisa mencoba beberapa produk perawatan kecantikan modern yang menggunakan vitamin F sebagai salah satu bahannya. Atau kita bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam linoleat untuk perawatan dari dalam.