Sukses

7 Masalah yang Sering Timbul dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua pasangan yang menjalani hubungan cinta mengalami pasang surutnya kehidupan cinta mereka. Tidak peduli seberapa pengertiannya kamu dan pasangan pasti kamu dan pasangan pernag mengalami pertengkaran atau kesalahpahaman. Namun, masalah-masalah yang sering terjadi antara kamu dan pasangan ini merupakan tanda hubungan kamu dan pasanganmu sehat.

Hal ini membuktikan bahwa kamu dan pasangan masih harus belajar banyak satu sama lain sehingga akan membuat hubungan kalian semakin kuat. Berikut masalah-masalah umum yang sering terjadi pada hubungan, dilansir dari inspiringtips:

2 dari 8 halaman

1. Masalah kepercayaan

Mungkin kamu pernah memiliki rasa trauma dengan hubungan masa lalumu, yang telah rusak akibat kepercayaanmu kepada mantan yang disalah gunakan. Sehingga hal ini tentu akan berdampak terhadap hubunganmu yang baru.

Namun, hentikanlah hal buruk ini sebelum terlambat. Kamu akan merusak hubunganmu yang sekarang karena trauma masa lalu.

Cobalah untuk memiliki keyakinan dan kepercayaan terhadap pasangan dan rasa cinta yang kamu punya. Hiduplah di masa sekarang dan cobalah lupakan segala kenangan buruk di masa lalu. Biarkanlah dirimu dan pasangan merasa bahagia tanpa dihantui masa lalu.

3 dari 8 halaman

2. Cemburu

Cemburu merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada setiap hubungan. Memang, rasa cemburu merupakan sifat alamiah manusia. Rasa cemburu yang tidak berlebihan merupakan hal yang sehat namun ketika rasa cemburu timbul dengan berapi-api dan emosi dapat merusak hubunganmu dengan pasangan.

Untuk menyikapinya, perhatikanlah dan ketahuilah waktu kapan kamu boleh merasa cemburu dan kapan tidak. Tumbuhkan rasa percaya dalam dirimu dan juga dalam diri pasangan. Jika sesuatu agak sedikit mengganggmu, maka komunikasikanlah bersama pasangan.

Jika diperlukan, buatlah batas-batas yang kamu dan pasangan setujui bersama. Jika kamu dan pasanganmu saling benar-benar mencintai, maka kamu atau pasanganmu tidak akan memiliki alasan apapun untuk merasa cemburu.

4 dari 8 halaman

3. Masalah komunikasi

Masalah serius di dalam hubungan biasanya terjadi dikarenakan masalah komunikasi atau kesalahpahaman antara kamu dan pasanganmu. Ketika sebuah masalah kecil tidak didiskusikan dan diselesaikan bersama, hati-hati hal ini akan membawa hubungan kalian ke jurang perpisahan.

Maka dari itu, janganlah menunggu sebuah masalah datang untuk dikomunikasikan. Luangkanlah waktumu untuk mendengarkan pasangan.

Ketika tiba giliranmu untuk berbicara, maka berbicaralah dengan lembut, tenang dan ceritakanlah semuanya. Jangan biarkan emosi turut campur dalam komunikasimu terhadap pasangan.

5 dari 8 halaman

4. Waktu

Waktu merupakan bahasa yang penting dalam mengungkapkan rasa cinta tanpa kata-kata. Meluangkan waktu berkualitas bersama pasangan adalah suatu cara untuk menunjukkan betapa kamu menyayangi pasanganmu.

Namun terkadang, seseorang sangat sibuk untuk mengejar karir atau pendidikan atau tujuan hidup lainnya sehingga mereka lupa untuk menghabiskan waktu mereka bersama pasangan. Maka dari itu, luangkanlah waktumu sebisa mungkin bersama pasangan.

Bila perlu, rencanakan jadwal bersama pasanganmu, kapan kalian bertemu, liburan bersama, atau melakukan hobi bersama. Ingatlah, pasanganmu ada untuk mendukung kegiatan yang sedang kamu jalani, maka mereka pantas mendapatkan waktumu yang berharga.

6 dari 8 halaman

5. Janji yang tidak ditepati

Dalam hubungan, seringkali kita mengungkapkan sebuah janji terhadap pasangan. Janji membelikan mereka sesuatu, atau mengajak liburan jauh bersama. Namun jika janji ini tidak ditepati, tentu akan membawa kekecewaan kepada pasangan.

Untuk menghindari hal ini, janganlah membuat janji-janji kepada pasangan yang sebenarnya tidak kamu bisa tepati atau lakukan. Namun, lakukanlah tindakan atau perbuatan yang mengekspresikan bahwa kamu menyayangi pasanganmu. Ingatlah bahwa tindakan lebih kuat dan nyata daripada kata-kata.

7 dari 8 halaman

6. Perbedaan pendapat

Kamu dan pasangan merupakan individu yang berbeda. Pendapat dan pandangan hidup kamu dan pasangan terkadang berbeda pula. Hal ini merupakan hal yang lumrah, dan masalah hanya akan datang ketika kamu dan pasangan tidak saling menghormati perbedaan satu sama lain.

Kamu tidak selalu harus setuju dan percaya terhadap semua pemikiran pasanganmu. Kamu bisa menyuarakan dan menyampaikan pendapatmu dan berdiskusi bersama. Namun kamu tidak boleh memaksa pasangan untuk mengubah apa yang telah menjadi pandangan atau prinsip hidupnya.

8 dari 8 halaman

7. Teman

Teman-temanmu atau teman-teman pasanganmu mungkin akan membawa masalah dalam hubungan kalian. Mungkin ada beberapa teman dari pasanganmu yang kamu tidak suka jika pasanganmu berada di dekatnya. Hal ini merupakan hal lumrah dan tidak masalah jika kamu merasakannya.

Namun, kamu perlu tahu bahwa pasanganmu memiliki hidup dan teman-teman disekitarnya dan kamu tidak dapat mengatur hidupnya. Untuk menghindari masalah ini terjadi, maka komunikasikanlah hal ini bersama pasangan.

Cobalah untuk mengenali lebih dekat semua teman-temannya. Jika pasanganmu sangat menyayangi dan menghormatimu, pasti ia akan mendengarkan saran terbaikmu untuknya.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: