Sukses

5 Cara Menjadi Artis Buat Kamu yang Suka Dunia Entertainment

Liputan6.com, Jakarta Layar televisi yang menyajikan berbagai macam acara selama 24 jam penuh diisi oleh deretan publik figur. Mulai dari FTV, sinetron hingga berita terkini seputar fakta maupun rumor yang beredar di masyarakat. Pengisi acaranya mungkin tidak semua berasal dari kalangan artis, seperti acara berita yang dipandu oleh presenter berita atau news anchor.

Namun, tidak dipungkiri lagi bahwa acara televisi sangat menghibur penontonnya. Bahkan seseorang rela begadang untuk menonton acara televisi favoritnya. Acara televisi berupa FTV atau sinetron mungkin menjadi tontonan utama banyak orang.

Pasalnya, selain menyajikan cerita yang membuat penasaran, para aktor dan aktris yang berakting menjadi salah satu alasan mengapa FTV dan sinetron banyak digemari.

2 dari 4 halaman

Definisi Artis

Aktor dan aktris merupakan salah satu kategori artis. Kata artis sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu ‘artist’ yang berarti seniman. Dalam lingkup masyarakat Indonesia, artis lebih akrab digunakan untuk menyebut selebritis ketimbang seniman pada umumnya. Dengan kata lain, artis dan selebritis memiliki arti yang sama yaitu publik figur yang sering muncul di layar kaca televisi.

Tak hanya punya bakat mumpuni dalam bidang akting, artis juga memiliki paras yang cantik dan tampan yang menawan hati para penggemarnya. Selain itu, bakatnya dalam berakting juga didukung kemampuan mengatasi demam panggung. Mengingat artis selalu dihadapkan dengan kamera serta banyak orang.

3 dari 4 halaman

Aktor, Aktris, dan Penyanyi

Namun, artis tidak hanya sebatas berakting saja, lho. Penyanyi pun masuk ke dalam kategori artis. Suara emas yang diperdengarkan kepada semua orang ditampilkan melalui penampilan panggung yang luar biasa. Dan juga disertai mimik wajah ciamik yang mewakilkan pesan lagu yang dinyanyikan.

Oleh karena itu, artis identik dengan kata percaya diri. Bagaimana tidak, artis tidak pernah malu-malu kucing saat melakukan pekerjaannya. Karena kerja keras yang dilakukan, mereka juga memiliki penghasilan yang terbilang fantastis. Bahkan, artis bisa mendapat penghasilan tambahan dengan melakukan endorse.

Tarif endorse artis biasanya berkisar di angka jutaan rupiah. Endorse dapat dilakukan dengan mengunggah foto atau video di Instagram atau bisa juga melalui video yang diunggah di channel YouTube.

Maka tak heran jika banyak orang yang ingin beralih profesi menjadi artis. Selain untuk mengembangkan bakat, juga untuk meningkatkan tingkat ekonomi pribadi maupun keluarga.

Penasaran kan bagaimana cara menjadi artis? Untuk itu, yuk simak ulasan lengkap 5 cara menjadi artis terkenal yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

 

4 dari 4 halaman

5 Cara Menjadi Artis Terkenal

1. Audisi

Dunia hiburan tidak hanya sebatas hubungan artis dan penggemarnya. Di balik acara televisi yang beragam, ada banyak agensi manajemen artis sebagai naungan para artis Tanah Air.

Contoh agensi manajemen artis di Indonesia adalah 8 Management yang dipimpin oleh Jusuf Long. Selain itu, ada pula Zema Management, Twentyone Millimeters Management, Platinvm Indonesia dan banyak lainnya.

Biasanya agensi-agensi tersebut akan membuka audisi untuk merekrut artis-artis baru. Untuk itu, kamu harus selalu update jadwal audisi yang mungkin akan diadakan agensi favoritmu.

Pencarian bakat berupa audisi juga mungkin diadakan oleh stasiun televisi Tanah Air. Bahkan, majalah-majalah terkenal pun memiliki peluang besar untuk merekrut seseorang untuk menjadi artis.

Selain agensi, stasiun televisi, dan majalah terkenal, kamu juga bisa menilik jadwal ajang pencarian bakat lain seperti Indonesian Idol, X-Factor Indonesia, Indonesia Mencari Bakat, atau ajang lain yang sesuai dengan minat kamu.

2. Foto Model

Pada poin pertama cara menjadi artis, telah disebutkan bahwa majalah-majalah terkenal mungkin akan mengadakan audisi untuk merekrut model baru. Biasanya, syarat yang dibutuhkan adalah postur tubuh yang ideal serta ekspresi muka yang fleksibel sesuai arahan sutradara.

Dengan menjadi seorang foto model, pintu gerbang menjadi artis akan semakin terbuka lebar. Tidak harus secara instan menjadi artis, karena lewat foto model kamu bisa dilirik oleh produser terkenal berkat keahlianmu dalam bergaya.

3. Portofolio

Selain tiga cara menjadi artis di atas, kamu juga bisa melamar langsung ke sejumlah agensi dan manajemen artis yang sudah terkenal namanya. Lamaran dapat berupa portofolio yang berisi rekam jejakmu dalam dunia seni serta biodata dan profil diri secara lengkap.

Portofolio tidak hanya melulu coretan tinta yang ditulis di atas kertas. Kamu bisa melampirkan video dirimu saat berakting ataupun suara emasmu saat bernyanyi. Portofolio dapat dikirim langsung ke perusahaan melalui pos. Namun bisa juga melalui email karena teknologi kini sudah semakin maju.

4. Terima Peran Figuran

Tidak ada yang instan di dunia ini. Begitu juga dengan cara menjadi artis terkenal. Kamu boleh berharap namun harus tetap bisa dilogika. Misalnya adalah dengan menerima peran-peran figuran. Seperti peribahasa ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian’, kamu harus sabar menunggu waktu bersinarmu.

5. Magang dengan Artis

Cara menjadi artis yang ke-lima ini mungkin terdengar asing di telinga kamu. Tapi kamu bisa mengajukan diri sebagai seorang asisten artis terkenal agar bisa tertular.

Kamu bisa mengajukan lamaran kepada artis pilihanmu. Dengan cara menjadi artis yang satu ini, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang berkutat di dunia hiburan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Wisata Selfie di Jakarta Makin Canggih, Pakai Teknologi Slow Mo hingga Imersif
Artikel Selanjutnya
Syeikh Ammar Bugis, Penyandang Disabilitas Penghafal Alquran dan Ulama