Sukses

Cara Merajut Tas Sederhana, Cocok Buat Kamu yang Masih Pemula

Merajut dibedakan menjadi dua cara merajut yaitu crochet dan knitting.

Liputan6.com, Jakarta Merajut merupakan metode untuk membuat baju, tas atau pernak-pernik lainnya yang terbuat dari benang yang dirajut. Merajut berbeda dari menenun atau menjahit. Merajut biasanya menggunakan benang yang agak tebal dengan berbagai warna dan menggunakan jarum khusus untuk merajut.

Kegiatan merajut telah ada sejak lama di Indonesia. Merajut dibedakan menjadi dua cara merajut yaitu crochet dan knitting. Perbedaan yang mencolok dari kedua cara merajut tersebut adalah dalam penggunaan jarumnya. Crochet menggunakan satu jarum tunggal sedangkan untuk Knitting menggunakan dua jarum rajut.

Jarum tunggal pada Chorchet disebut hook atau hakpen. Jarum ganda yang digunakan untuk Knitting disebut jarum knit atau knitting needle. Benang yang digunakan untuk merajut juga bermacam. Ada benang wol kenari, nylon, benang panda, benang polyester, benang katun orchid, benang jala, benang rayon, benang Athena dan lain-lain.

Jika kamu tertarik untuk membuat sebuah karya rajut, kamu bisa mencari cara merajut yang sederhana agar kamu bisa menirunya. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat tas rajut, kamu perlu mengetahui langkah-langkah awal sebelum mencoba membuatnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat dan bahan bisa yang harus disiapkan

Dalam merajut terdapat istilah-istilah yang harus kamu ketahui agar mempermudah kamu merajut. Istilah-istilah tersebut seperti Lp (loop) untuk lingkaran benang pada hakpen, Turn, Sp untuk spasi, St untuk stich, Mc untuk main color, Ws untuk tampak belakang, Rs untuk tampak depan dan Magic ring.

Cara memegang jarum rajut atau hakpen juga ada dua cara yaitu seperti memegang pisau yang biasanya dilakukan bagi para pemula dan seperti memegang pena.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) dari berbagai sumber, berikut cara merajut tas yang bisa kamu coba sendiri sebagai pemula. Sebelum kamu mengetahui cara merajut tas, ada baiknya kamu mengetahui bahan dan alat apa saja yang perlu dipersiapkan.

Sebagai contoh dalam artikel ini akan membantumu merajut tas dengan langkah-langkah yang perlu menyiapkan bahan dan alat sebagai berikut.

1. Gunting

2. Hakpen dengan ukuran 1/0

3. Benang nylon

Setelah menyiapkan bahan dan alat diatas, simak langkah-langkah cara merajut untuk membuat tas.

3 dari 4 halaman

Membuat simpul awal dan simpul rantai

1. Buat simpul awal

- Lingkarkan benang pada hakpen dengan menyisakan benang. Letakkan sisa benang di tengah lingkaran

- Masukkan hakpen dari bawah ke tengah lingkaran

- Kemudian tarik benang yang panjang

Jika kamu sudah membuat simpul awal, cara merajut selanjutnya adalah membuat simpul rantai.

- Kaitkan hakpen pada benang

- Tarik benangnya hingga keluar dari hakpen

- Ulangi cara tersebut sampai kamu mendapatkan panjang yang diinginkan

2. Buat simpul rantai

Setelah kamu membuat simpul awal dan mengetahui cara membuat simpul rantai, cara merajut selanjutnya adalah membuat pola untuk tas rajutan itu.

- Buat tusuk rantai sebanyak empat rantai

- Kaitkan hakpen pada benang

- Masukkan hakpen pada lubang kelima kemudian kaitkan hakpen pada benang dan tarik benangnya hingga melewati lubang kelima

- Hakpen yang dikaitkan benang tersebut tarik melewati satu buah lubang yang ada

- Kemudian ulangi lagi dengan melewati dua lubang

- Lalu kaitan benang pada hakpen tarik melewati dua lubang terakhir

- Lalukan secara berulang dengan terus memutari hingga simpul rantai yang kemudian putar sisi sebaliknya

- Buat hingga tiga baris

 

4 dari 4 halaman

Dilanjutkan dengan simpul keriting

1. Buat simpul rantai keriting

- Buat tusuk rantai sebanyak 7 rantai

- Masukkan hakpen pada lubang ketiga yang kemudian kaitkan pada benang lalu tarikhingga melewati lubang ketika tersebut

- Kaitkan lagi benang lalu tarik hingga melewati dua lubang

- Ulangi terus hingga hingga ujung kemudian putar sampai keduanya terkait

- Buat sampai dua baris

 

2. Buat kembali pola simpul rantai

3. Lalu ulangi lagi membuat simpul keriting

4. Ulangi terus hingga membentuk badan tas sesuai dengan seleramu

5. Buat juga untuk pegangan tasmu dengan tusuk rantai

6. Selesai

Bagi pemula yang ingin belajar merajut memang harus sering-sering berlatih dengan tekun. Merajut memang rumit sesuai dengan apa yang ingin dibuat. Namun banyak cara merajut yang sederhana yang bisa kamu jadikan bahan belajar seperti cara merajut di atas.

Jika kamu menekuni untuk merajut, hasil karya merajutmu bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Hasil karya merajut memiliki nilai jual yang tinggi apalagi jika kamu membuat tas atau baju rajut dengan tangan. Teknik merajut ada dua cara yaitu dengan cara manual (tangan) dan menggunakan mesin.

Demikian bahasan tentang cara merajut tas dengan teknik yang sederhana. Masih banyak lagi cara merajut yang lebih rumit. Salah satu cara agar mahir merajut adalah terus belajar dengan tekun dan mencoba membuat pola-pola lain agar lebih terbiasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.