Sukses

Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Mudah bagi Pemula

Tas yang dibuat dari tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang mengkoleksi tas? Mungkin jika kamu penggemar tas, ada beberapa tas yang kamu miliki dibuat dengan tali kur. Tas dengan bahan dasar tali kur ini memang sedang booming di Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan tas dengan tali kur, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan kalangan ibu-ibu.

Tas dari tali kur ini merupakan tas yang dirajut ataupun dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Ada yang berpikir cara membuat tas dari tali kur ini susah. Namun jika kamu mengetahui tahapannya, maka cara membuat tas dari tali kur ini cukup mudah loh. Tas dari tali kur ini memang cenderung simpel, akan tetapi jika sudah ahli, kamu bisa membuat berbagai jenis model tas dengan tali kur.

Memiliki tas yang terbuat dari tali kur ini memiliki keuntungan sendiri. Tas dengan tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai. Selain itu, karena bahan tas dibuat dari tali kur yang dirangkai, maka tas ini tentu saja lebih awet digunakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) tali kur sendiri telah ada sejak abad ke-13. Tali kur merupakan benang yang disebut dengan macrame pada saat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mudah dipraktikkan

Cara membuat tas dari tali kur ini pun bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Karena cara membuat tas dari tali kur ini mirip dengan merajut. Hanya saja ukuran benang yang berbeda. Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal.

Selain itu, jenis tali kur pun berbeda-beda. Yang membedakan jenis tali ini ialah tingkat elastisitas tali. Karena semakin elastis atau lentur talinya, maka semakin mudah pula untuk merangkainya.

Tas dari tali kur sendiri merupakan tas yang dibuat menggunakan berbagai jenis simpul. Yang menarik jika kamu tahu cara membuat tas dari tali kur ialah, kamu bebas membentuk model tas sesuai dengan keinginan. Selain menjadikannya tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat dompet ataupun ikat pinggang. Tentu saja kamu bisa membuatnya jika sudah terampil.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat tas dari tali kur, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

3 dari 5 halaman

Siapkan Alat

Cara membuat tas dari tali kur yang pertama tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapannya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika ditengah proses cara membuat tas dari tali kur ini kamu hentikan, bisa jadi kamu lupa atau bahkan bingung. Jadi alat dan juga bahan yang harus disiapkan ialah:

1. Tali kur.

Berapa banyak ataupun panjang tali kur yang dibutuhkan sesuai dengna kebutuhan dan juga seberapa besar tas yang akan kamu buat. Karena semakin besar tasnya maka, tali kur yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan tali kur, maka tas yang kamu buat pun akan terasa berat.

2.Gunting.

Kamu perlu penyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

3. Korek api.

Kenapa kamu memerlukan korek api? Karena korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

4. Jarum dan benang.

Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

5. Resleting, manik-manik, dan kancing.

Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

4 dari 5 halaman

Langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur

Setelah kamu menyipkan segala peralatan dan juga bahan, kamu bisa mulai untuk merajut tali kur.

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkau ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

Namun apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan. Disarankan untk tidak terlalu lama dari waktu membakar dan menggabungkannya.

5 dari 5 halaman

Jenis tas tali kur

Bagi kamu yang awam dengan tas tali kur, kamu perlu tahu jika jenis yang kamu bisa buat untuk tali kur ada beragam. Namun jenis yang cukup mudah digunakan ialah motif garis dua warna dan juga miring. Meski begitu masih banyak pula motif dari tas dengan tali kur yang bisa kamu jumpai. Jenis motif tas dari tali kur antara lain:

1. Tas tali kur motif garis 2 warna

2. Tas tali kur motif miring

3. Tas tali kur motif sisik

4. Tas tali kur motif bunga

5. Tas tali kur motof ketupat

6. Tas tali kur motif panah, dan

7. Tas tali kur motif kerang

Banyaknya model dan juga jenis tas tali kur ini pun menandakan bahwa tas ini cukup ramai peminatnya. Kamu bahkan bisa menemui tas dengan bahan tali kur ini di mall ataupun pemeran UMKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini