Sukses

Menebak Kepribadian Seseorang yang Suka Bergosip

Liputan6.com, Jakarta - Gosip, baik positif ataupun negatif nampaknya lekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Akan sangat sulit sekali untuk menghindari gosip yang telah menjadi bentuk komunikasi untuk bersosialisasi dan bertukar informasi.  Tentu informasi yang dipertukarkan bisa jadi benar ataupun baru sekedar isu, boleh hal-hal baik tetapi seringkali juga hal-hal buruk.

 

Nah, apakah kamu tipe orang yang suka bergosip? Jika ya, kebiasaan tersebut ternyata bisa mengungkap bagaimana kepribadian dan karakter seseorang lo.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa seseorang yang suka bergosip ternyata memiliki rasa cemas yang tinggi, namun tak ingin menunjukkannya sehingga cara pelampiasan yang dilakukan adalah dengan membicarakan hal lain.

Bergosip biasanya dipicu karena ia sering merasa bosan, iri terhadap sesuatu atau butuh perhatian. Bergosip seringkali menunjukkan bahwa seseorang ingin mendominasi kelompok tertentu sehingga ia jadi pusat perhatian.

Penelitian lain menunjukkan bahwa para perempuan sering bergosip tentang perempuan lain untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik. Penulis penelitian, Tania Reynolds, mengatakan bahwa bergosip sering berasal dari perempuan yang menyebarkan berita-berita tak benar tentang perempuan lain dengan maksud terlihat baik.

Selain itu, para kaum hawa yang memiliki sifat kompetitig juga lebih suka bergosip. Di kalangan perempuan informasi-informasi negatif atau gosip tersebut bisa menjadi bahan pembenaran diri sendiri.

 

2 dari 2 halaman

Gosip Mempengaruhi Seseorang

Berdasarkan penelitian berjudul The Visual Impact of Gossip, gosip memberi pengaruh besar pada bagaimana kita bersosialisasi dan memandang dunia ini.

Gosip juga bisa memberi semacam petunjuk siapa yang bisa kita jadikan 'sekutu' dan siapa yang sebaiknya kita hindari untuk kontak langsung. Karena gosip memberi kita informasi mengenai karakter seseorang tanpa harus secara langsung berinteraksi dengan orang tersebut.

Reporter:

Ivana Okta

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Emak-Emak Menantang Maut, Hentikan Motornya di Jalur Lawan Arah
Loading