Sukses

6 Fakta Sistem CAT yang Perlu Kamu Ketahui untuk Persiapan Tes PPPK

Liputan6.com, Jakarta Kabar menyenangkan muncul bagi peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pasalnya, tidak ada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), melainkan menggunakan sistem CAT. Yakni Computer Assisted Test. 

Pada tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun lalu peserta harus menyelesaikan tahap Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang banyak dikeluhkan akibat opsi jawabannya. Alhasil, banyak yang gagal di tahap TKP, meski berhasil melalui tes-tes lainnya.

Sebagai gantinya, ada tiga tes yang harus dilalui oleh PPPK, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial, sosio-kultural dan teknis.

Menurut M. Ridwan selaku Kepala Biro Humas BKN, bahwa seleksi kompetensi menajerial, sosio-kultural, dan teknis akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Ada juga tahap wawancara untuk memastikan kualitas calon PPPK.

Mengapa tes ujian menggunakan CAT? Sebenarnya apa itu CAT? Apa Keunggulan dari ujian CAT sehingga digunakan dalam proses ujian? Berikut Liputan6.com, Minggu (10/2/2019) akan merangkum dari berbagai sumber seputar ujian CAT ini.

2 dari 7 halaman

Cepat, Akuntabel dan Transparan

Dilansir dari lama cat.bkn, sistem CAT mempunyai banyak keunggulan. Diantaranya:

Cepat: CAT BKN menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Nilai hasil ujian akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian.

Akuntabel: Hasil ujian dengan CAT BKN dapat dipertanggungjawabkan. Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit jika terjadi hal tak terduga selama ujian berlangsung.

Transparan: Proses ujian dengan CAT BKN dapat dipantau oleh semua pihak. Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai dengan selesai dapat diikuti dan jawaban peserta dapat dilacak.

3 dari 7 halaman

Station CAT tersebar se-Indonesia.

Sistem CAT BKN dipercaya sebagai satu-satunya media yang digunakan untuk pelaksanaan tes seleksi PPPK nanti. Sistem CAT dikembangkan dengan berbasis teknologi informasi melalui sebuah aplikasi yang terintegrasi ke dalam sebuah station.

Di Indonesia, station CAT ada pada seluruh Kantor Regional BKN maupun unit Pelaksana Teknis (UPT BKN) yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Guna mendukung kebutuhan tes yang melibatkan banyak peserta, tak jarang instalasi CAT dihadirkan secara mobile oleh pihak instansi pengguna tentunya melalui asistensi yang dilakukan oleh BKN.

Pihak instansi pengguna menyediakan kebutuhan infrastruktur seperti laptop/PC, jaringan, layar proyektor, layar informasi, dan lain sebagainya. Sementara BKN akan membantu dalam asistensi instalansi aplikasi dan soal CAT.

Sistem CAT dilakukan secara online dengan menggunakan komputer yang tersambung jaringan internet, sehingga tidak perlu membawa kertas untuk mengerjakan soal.

4 dari 7 halaman

Lebih Efisien

Adanya ujian dengan sistem CAT ini bisa lebih efisien dalam pelaksanaan PPPK mendatang.

1. Aplikasi CAT didesain untuk memudahkan penyelenggaraan tes

Hal ini dilakukan untuk memperoleh kualitas seleksi yang cepat, mudah, dan akuntabel.

2. Peserta menjalankan tes cukup dibekali dengan mouse yang akan digunakan untuk memilih jawaban dengan cara meng-klik pada pilihan jawaban yang dianggap benar.

3. Aplikasi CAT terdiri dari soal dan pilihan jawaban, nafigasi nomor soal, serta indikator waktu. Soal berada pada posisi sebelah kanan layar sementara nafigasi nomor soal berada pada sisi kiri layar.

4. Pada bagian atas layar, terdapat menu yang menunjukkan nomor ujian peserta, nama peserta ujian, batas waktu pengerjaan soal, jumlah soal, jumlah soal yang sudah dijawab, jumlah soal yang belum dijawab, serta sisa waktu yang masih tersedia.

5 dari 7 halaman

Strategi mengerjakan soal CAT

Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam mengerjakan soal CAT adalah dengan memanajemen proses pengerjaan soal. Kamu dapat mengerjakan soal yang sekiranya dianggap mudah terlebih dahulu dan jangan terlalu fokus pada soal yang dianggap sulit.

Kenapa? Karena waktu yang tersedia hanya 90 menit untuk mengerjakan 100 soal, sehingga dibutuhkan perencanaan waktu yang tepat.

6 dari 7 halaman

Petunjuk mengerjakan soal online dengan sistem CAT

1. Masuk dan Login dengan benar sesuai dengan nomor ujian

2. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Apabila dalam mengerjakan soal dan kamu yakin jawaban sudah benar, maka klik tombol simpan dan lanjutkan.

Namun kalau kamu menemui soal yang sulit, bisa dilewati dulu dengan mengklik tombol lewatkan soal ini. Bila nanti ingin mengerjakan kembali soal yang dilewati, kamu bisa mengklik tombol panah kiri.

3. Lihat dengan jelas petunjuk soal

Petunjuk soal terdapat pada bagian atas, di situ terdapat petunjuk terkait batas waktu, jumlah soal, soal yang sudah dijawab dan soal yang belum dijawab. Juga ada tombol selesai ujian yang berfungsi untuk menghentikan ujian bila kamu sudah selesai mengerjakan semua soal.

4. Perhatikan perbedaan warna

Terdapat kotak-kotak di bawah yang merupakan tanda soal sudah dikerjakan atau belum dikerjakan. Warna hijau merupakan tanda bahwa soal sudah dijawab dan warna merah merupakan tanda soal belum dijawab.

7 dari 7 halaman

Tampilan aplikasi CAT

Pada aplikasi sistem CAT, terdapat navigator nomor soal yang menginformasikan nomor-nomor soal baik yang sudah dijawab maupun belum. Untuk soal yang telah dijawab nomor soal akan berwarna hijau sementara soal yang belum dijawab akan berwarna merah. Soal- soal akan ditampilkan secara berulang selama waktu masih tersedia.

Peserta tes dapat mengecek status soal yang belum dijawab dengan melihat indikator yang berwarna merah pada nomor soal. Jawab semua soal yang ada karena dalam sistem CAT tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah, sehingga diharapkan dapat diperoleh skor yang maksimal.

Salah satu hal penting dalam aplikasi CAT ini adalah adanya tampilan menu waktu yang menunjukkan durasi selama peserta mengerjakan tes. Durasi waktu selama 90 menit akan berjalan mundur sejak peserta mulai membuka (klik) soal.

Fenomena Langka, Hujan Turun Hanya 1 Meter di Binjai

Tutup Video
Loading