Sukses

Ide Bisnis Unik, Pemuda Ini Ubah Ban Bekas Jadi Tempat Tidur Hewan

Liputan6.com, Jakarta - Dengan lebih dari dua miliar ton sampah yang berada di laut dan tempat pembuangan sampah tiap tahun, amat jarang menemukan orang-orang yang bersedia mengubah sampah tersebut menjadi barang bernilai. Namun, itulah yang dilakukan oleh pemuda berusia 23 tahun dari Brasil ini setiap hari.

Melansir dari Brightside.me, Amarildo Silva tinggal di Paraiba, Brasil. Ia bekerja sebagai kasir toko di siang hari namun di waktu luangnya ia telah berkontribusi terhadap penggunaan sampah berkelanjutan.

Di waktu senggang, ia mengumpulkan dan mengubah ban bekas menjadi tempat tidur hewan yang ramah lingkungan. Dengan bantuan keluarganya, ia mengumpulkan setiap ban yang bisa ia temukan di jalan atau di tempat pembuangan. 

Ia membersihkan ban-ban tersebut mengecatnya, dan menambahkan kasur bundar kecil untuk membuat tempat tidur yang nyaman untuk hewan peliharaan. Ia kemudian menjualnya lewat Instagram dan dengan cepat menjadi terkenal.

Lebih dari 2 tahun Amarildo telah menjual lebih dari 500 buah tempat tidur hewan dari ban bekas. Saat ini, ia hanya memproduksi untuk dalam negeri. Tapi terkadang ia mendapat pesanan dari Eropa Amerika Utara, dan Asia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sukses besar

Apa yang ia lakukan secara tidak langsung telah menghasilkan pemasukan tambahan bagi keluarganya. Produk-produknya juga secara tidak langsung telah membantu lingkungan untuk mengurangi sampah yang ada.

Idenya sukses besar dan kini, Amarildo mulai membuat pot bunga serta wadah daur ulang dari ban-ban bekas tersebut. Malahan di waktu luangnya, Amarildo juga ikut merawat hewan-hewan terlantar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Outw parece um ursinho 😍 #pets #petshop #instadogs #instagram #cadela #caes #fofura #camasdepneus #criatividade #sustentabilidade

Sebuah kiriman dibagikan oleh CaominhasPetsOficial (@caominhas_pets2) pada

Pemuda itu kemudian diundang ke sekolah-sekolah untuk berbicara tentang proyeknya. Berusaha membawa kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya memanfaatkan sampah untuk didaur ulang.

Apa yang ia mulai sebagai ide bisnis kecil dan ekologis menjadi gerakan yang dapat membantu menyelamatkan lingkungan. Menarik, ya.