Sukses

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Dilengkapi Manfaat dan Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kamu merasa jenuh dengan pekerjaan atau sudah merasa tidak ada tantangan dalam pekerjaanmu. Atau kamu memiliki masalah keluarga yang membuat kamu memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kamu saat ini. 

Agar reputasi kamu tetap baik di mata perusahaan lama dan perusahaan baru, tentulah alasan kamu untuk mengundurkan diri dari pekerjaan haruslah alasan yang logis, matang, dan dapat diterima berbagai pihak.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan surat resign, salah satunya alasan resign. Walaupun sepele, alasan pengunduran kerja dapat mempengaruhi reputasimu, baik di perusahaan lama tempatmu bekerja maupun di perusahaan yang ingin kamu masuki nantinya.

Tentunya, jika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan, kamu tidak bisa meninggalkannya begitu saja tanpa sepatah kata. Ada aturan yang harus dilakukan agar pengunduran diri kamu tidak membuatmu dicap sebagai karyawan yang tidak menghargai pekerjaan. Untuk itu kamu harus membuat surat pengunduran diri kerja.

Nah, jika kamu sedang mencari contoh surat pengunduran diri kerja,kamu berada di laman yang tepat . Pada artikel ini, kamu akan mengetahui contoh surat pengunduran diri kerja yang dapat kamu gunakan. 

Dengan melihat contoh surat pengunduran diri kerja diharapkan dapat memberikan ide bagi kamu untuk menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan agar perusahaan tempat bekerjamu mau untuk menerima dan tidak menimbulkan kesan negatif tentang pengunduran dirimu.

Kali ini Selasa (22/1/2019) akan membahas tentang contoh surat pengunduran diri kerja, yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kalangan pekerjaan. Namun sebelum masuk pada contoh surat pengunduran diri kerja, ada baiknya kamu  mengetahui terlebih dahulu apa manfaat dan tujuan dari pembuatan surat pengunduran diri.

2 dari 4 halaman

Manfaat dan Tujuan Surat Pengunduran Diri

1. Terlihat lebih terhormat dan profesional

Setiap perusahaan, instansi, ataupun lembaga tertentu pastilah memiliki aturan dan kebijakan masing-masing. Setiap kebijakan yang dibuat oleh perusahaan tersebut wajib dipatuhi oleh semua karyawan dan anggotanya.

Oleh karena itu, kamu sebagai karyawan di perusaahn tersebut tidak bisa seenak jidat keluar dari perusahaan yang bersangkutan tanpa memberikan sepatah kata.

Nah, kamu yang ingin keluar dari perusahaan dan membuat surat pengunduran diri tentu orang yang taat pada aturan perusahaan. Dengan memberikan surat pengunduran diri, kamu akan dipandang oleh perusahaan atau rekan kerjamu sebagai seseorang yang lebih bertanggung jawab dan terhormat.

Di samping itu, kamu juga dinilai memiliki tata karma yang baik, hal  ini tentunya akan membantu kamu untuk membersihkan namamu di perusahaan lama dari prasangka yang tidak-tidak, juga kekecewaan dari pihak perusahaan akibat kamu mengundurkan diri.

2. Perusahaan Memiliki Waktu untuk Mencari Pengganti Posisimu

Jika kamu mengirimkan surat pengunduran diri kerja, maka perusahaan memiliki waktu untuk mencari pengganti posisimu. Setiap jabatan atau posisi di perusahaan pasti memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, jika kamu meninggalkan perusahaan, maka kemungkinan kinerja perusahaan akan terhambat.

Karena itu, surat pengunduran diri menjadi penting agar perusahaan bisa dengan cepat menemukan orang yang akan menggantikan posisimu. Apalagi saat ini, bukanlah hal yang mudah untuk mencari posisi-posisi tertentu, terlebih jika posisi kamu di perusahaan cukup penting.

Di samping memudahkan perusahaan, kamu juga akan lebih dihormati karena dengan begitu perusahaan akan selamat dari terbengkalainya tugas tertentu. Maka, manfaat kedua ini adalah untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencari penggantimu.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari pengunduran diri, kamu tentu akan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara untuk membuat surat pengunduran diri yang resmi dan benar.

Nah, untuk memudahkanmu dalam membuat surat tersebut, berikut ini akan diulas mengenai contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan atau rujukan kamu.

3 dari 4 halaman

Format Surat Pengunduran Diri Kerja

Format surat pengunduran diri kerja sangat sederhana, berikut poin-poin yang harus diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran diri kerja.

• Waktu tanggal dan tempat surat resign yang berada di sebelah kanan atas

• Nama dan alamat tujuan surat: Bisa di sebelah kiri atas.

• Isi surat pengunduran diri

• Tanda tangan dan nama terang

• Materai

4 dari 4 halaman

Contoh surat pengunduran diri kerja

Yth, HRD Manager PT. Kotak-Kotak                                                                         Yogyakarta, 11 Juli 2019

Jl. Tukangan  No.8 Yogyakarta

Di Tempat

Dengan datangnya surat ini, saya Bernama ................  bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kotak-Kotak sebagai Project Officer  terhitung sejak tanggal 11 Juli  2019.

Saya ucapkan terimakasih telah memberikan kesempatan  kepada saya untuk bekerja di PT Kotak-Kotak. Tak lupa saya  memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen yang ada di  PT. Kotak-Kotak  apabila terdapat kesalahan, kecerobohan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga PT Kotak-Kotak  dapat terus berkembang dan selalu memberikan kesempatan orang lain untuk bekerja di PT Kotak-Kotak.

Yogyakarta, 11 Juli 2019

Hormat Saya,

 

(Tanda Tangan Anda)

 

Uraian diatas adalah contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

Pagi Ini Merapi Luncurkan Awan Panas 3 Kali
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Menulis Surat Resign Tanpa Menyakiti Bos