Sukses

Patut Dicoba, 4 Cara Unik Tahan Nafsu Makan Berlebih Saat Diet

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia ini memang ada berbagai macam makanan enak yang ingin terus kita coba. Namun, terlalu sering makan juga bikin kita was-was dengan peningkatan kalori serta berat badan.

Kalau sudah seperti itu, tentu dong kita harus menahan nafsu makan. Tapi tak sedikit orang akhirnya kalah menahan napsu makan karena sudah tergiur dengan makanan yang terlihat enak.

Dikutip dari Dingo, jika kamu sering mengalami hal itu, ada baiknya mencoba sejumlah tips ini agar sukses mengendalikan nafsu makan dengan benar apalagi saat diet.

1. Minum air untuk menahan nafsu makan

 

Baru saja selesai makan siang, tapi kenapa masih teraaa lapar ya? Bisa jadi itu hanya rasa lapar 'palsu'.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, terkadang otak menanggapi kondisi tersebut sebagai respon lapar. Sehingga membuat kita tetap ingin terus makan walaupun sudah kenyang.

Salah satu cara mengatasi hal itu, yakni dengan banyak minum air. Setelah minum dan menghilangkan dehidrasi. Kamu perlu tunggu sampai 20 menit. 

Kalau perut masih terasa lapar, itu tanda bahwa kamu benar-benar ingin makan. Kalau rasa ingin lapar itu hilang, maka itu tandanya hanya sebuah respon lapar palsu.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 4 halaman

2. Pukul bagian dahimu

Mungkin cara satu ini terdengar konyol dan meragukan. Memang apa hubungannya memukul dahi dengan mengontrol rasa lapar?

Pada bagian dahi kita terdapat area lobus frontal dalam otak. Fungsi dari lobus frontal ialah sebagai panel kontrol yang bertanggung jawab pada banyak hal meliputi penalaran hingga emosi kita.

Kamu bisa memukul bagian jidatmu beberapa kali untuk menstimulasi bagian lobus frontal untuk mengatasi keinginan berlebihan untuk makan.

3 dari 4 halaman

3. Pakai warna biru

Ternyata warna biru bisa menjadi salah satu jurus jitu untuk menghilangkan napsu makan. Otak kita kerap merespon bahwa warna biru merupakan hal yang tidak aman untuk di makan.

Hadirnya warna biru dapat membuat otak kita menolak untuk makan dan dapat menahan rasa lapar secara berlebihan. Bayangkan jika makanan yang kita suka berwarna biru. Bukannya bikin nafsu makan, kita jadi ragu untuk makan.

4 dari 4 halaman

4. Olahraga kurang dari satu jam sehari

Selain menghilangkan lemak tubuh, olahraga juga punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, termasuk menurunkan nafsu makan berlebihan. Ada baiknya untuk berolahraga kurang dari sejam untuk menahan nafsu makanmu.

Jika olahraga dilakukan lebih dari sejam justru banyak energi telah terbuat banyak yang ada kita menjadi lapar dan nafsu makan meningkat. 

Curahan Hati Haruka Nakagawa Hidup Tanpa Asuhan Orang Tua

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Zodiak dengan Nafsu Makan Terbesar, Ada Kamu di Dalamnya?
Artikel Selanjutnya
Perusahaan Ini Beri Bonus kepada Karyawannya yang Turunkan Berat Badan