Sukses

5 Negara Ini Akan Alami Ledakan Penduduk di Masa Depan, Indonesia Nomor Berapa?

Liputan6.com, Jakarta Penduduk memang menjadi faktor yang terpenting dalam suatu negara, Namun di sisi lain, sejumlah negara juga dapat mengalami ledakan penduduk dari waktu ke waktu.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa pernah memprediksi pertumbuhan penduduk di sejumlah negara dalam periode 2015-2050. Indonesia ternyata juga masuk dalam daftar lima besar negara yang akan mengalami ledakan penduduk dalam periode tersebut.

Dikutip dari rangkuman Merdeka, berikut prediksi PBB tentang pertumbuhan penduduk di masa depan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. India

India menjadi negara pertama terpadat di dunia. Tahun ini, India memiliki total masyarakat sebanyak 1,35 miliar jiwa. Menurut prediksi dari PBB, India akan semakin padat dengan jumlah populasi 1,51 miliar jiwa.

3 dari 6 halaman

2. Tiongkok

Negara tirai bambu ini menjadi negara terpadat kedua di dunia. Tiongkok memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,42 miliar pada 2018. Namun pada 2030, diprediksi Tiongkok memiliki penduduk sebanyak 1,44 miliar juta jiwa.

4 dari 6 halaman

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat pada 2030 akan menjadi negara terpadat ke-3 di dunia, dengan jumlah populasi 359 juta orang. Posisi tersebut tak turun dan tak naik dari tahun 2015, dengan jumlah populasi 321 juta jiwa. Populasi Nigeria akan lampaui Amerika Serikat.

5 dari 6 halaman

4. Indonesia

Menurut penghitungan PBB, saat ini penduduk Indonesia berjumlah 267.078.225 jiwa. Populasi Indonesia setara dengan 3,5 persen dari total populasi dunia. Namun pada 2030, Indonesia akan menjadi negara keempat terbesar di dunia dengan populasi 295 juta, meningkat 14,7 persen dari 2015.

6 dari 6 halaman

5. Nigeria

Di antara 10 negara terbesar di dunia saat ini, yaitu Afrika (Nigeria), lima di Asia (Bangladesh, China, India, Indonesia, dan Pakistan), dua negara di Amerika Latin (Brasil dan Meksiko), satu di Utara Amerika (Amerika Serikat), dan satu lagi di Eropa (Federasi Rusia).

"Dari jumlah ini, penduduk Nigeria, saat ini terbesar ketujuh di dunia, tumbuh paling cepat," kata laporan itu. Diprediksikan, populasi Nigeria pada 2030 berjumlah 264 juta jiwa. Posisinya juga meningkat menjadi posisi ke-5 negara terpadat di dunia.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com