Sukses

6 Kota Ini Senang Hati Membayarmu Jika Jadi Warganya, Tertarik?

Sejumlah kota di dunia ini terkenal memiliki aturan unik yakni memberikan uang kepada para pendatang abru. Apakah kamu tertarik untuk datang ke sini?

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai tempat tinggal yang layak adalah impian semua orang. Ya, mendapatkan pekerjaan yang enak dan lingkungan sekitar yang indah. Bukankah kehidupan semacam itu terasa nyaman? Apalagi jika sampai diberikan uang oleh pemerintah, hal itu juga menambah kebahagiaan hidup setiap masyarakatnya.

Meskipun mengherankan dan bikin tergiur banyak orang, ada lo sejumlah wali kota yang membayar masyarakatnya karena tinggal di kota yang ia pimpin. Biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah kota bahkan bisa dibilang tidak sedikit untuk para penduduk yang datang.

Melansir laman New York Post, berikut merupakan kota-kota yang akan membayarmu karena tinggal di sana.

1. Candela, Italia

 

 

Candela dikenal sebagai salah satu kota tua yang memiliki bangunan antik ala abad pertengahan. Kota menarik itu dikelilingi oleh perbukitan dan hutan. Tentunya orang-orang merasa bahwa tempat menjanjikan itu terdengar bagus sebagai tempat tinggal. Khususnya para lansia, yang ingin menikmati masa tua mereka dengan tenang.

Namun, banyak orang merasa penasaran mengapa wali kota Nicola Gatta menjanjikan uang untuk tinggal ditempat tersebut. Di tahun 1990-an, jumlah penduduk mengalami penurunan dratis hingga lebih dari delapan ribu penduduk pindah. Perpindahan penduduk di kota yang pernah dikenal dengan sebutan Nap'licchie, menyisakan 2.700 penduduk sampai saat ini.

Oleh karena itu, wali kota berusaha keras agar kota kesayangannya kembali pada kemegahannya seperti zaman dahulu. Gatta menjanjikan sejumlah uang kepada para pendatang. Meskipun kelihatannya menggiurkan, ada sejumlah kriteria yang perlu kamu lakukan jika tertarik pada kota ini.

Pendatang baru perlu menyewa rumah, mereka juga diharuskan memiliki pekerjaan dengan gaji minimal 7.500 Euro atau Rp 126 juta selama setahun. Selain itu, jumlah uang yang ditawarkan akan berbeda tergantung statusmu. Misalnya jika kamu lajang, pemerintah kota akan memberikan 800 Euro atau sekitar Rp 13 juta.

Jika kamu berniat tinggal di sana bersama pasangan, pemerintah akan membayar 1.200 Euro atau Rp 20 juta. Anggota keluarga lebih dari dua sampai lima mendapat pekiraan uang 1.500 hingga 2.000 Euro atau setara dengan Rp 25 juta - Rp 33 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. New Haven, AS

Pemerintah kota New Haven menawarkan uang sebesar $ 10.000 atau setara Rp 137 juta kepada pendatang baru. Uang itu akan diberikan secara percuma-cuma untuk menambah biaya rumah. Jika kamu memiliki profesi sebagai guru, petugas kebakaran, polisi ataupun militer, mereka akan memberikan biaya lebih sekitar $ 2,500.

Selain itu, pihak kota juga membantu memberikan pinjaman sebesar $30.000 kepada para penduduk. Hal baik lainnya yang menarik dari kota ini yakni pemerintah menjamin biaya kuliah gratis setelah lulus dari sekolah umum di New Haven. Benar-benar kota yang membuat banyak orang tergiur untuk datang.

3 dari 6 halaman

3. Alaska, AS

Alaska menjadi salah satu bagian negara di utara AS yang kaya akan sumber daya alam. Hasil alam yang cukup terkenal dari Alaska yakni minyaknya. Jadi wilayah satu ini memang memiliki pendapatan yang besar dari kekayaan alamnya.

Kekayaan dari Alsaka kerap dibagikan kepada penduduk sejak tahun 1976. Pihak pemerintah kota memberikan dana sebesar 25 persen dari pendapatan minyak mereka setiap tahun kepada penduduk tetapnya. Jumlah pembagian dana pemerintah mencapai $ 3.269 atau setara Rp 45 juta. Jumlah uang yang cukup besar tentunya menggiurkan banyak orang untuk tinggal di Alaska.

Namun untuk mencapai hal itu, kamu perlu menjadi penduduk tetap di Alaska selama setahun atau paling tidak 190 hari. Selain itu, kamu juga harus menjadi warga negara yang baik dan tidak menjadi narapidana untuk mendapatkan dana tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Kansas dan Nebraska, AS

Merasa kebingungan untuk membangun rumah, kota Kansas dan Nebraskan menawarkan lahan gratis untuk para pendatang baru. Pemerintah kota akan memberikan beragam pilihan ukuran lahan yakni 1114 hingga 3344 meter persegi di lokasi yang strategis.

Selain itu, sejumlah tempat di Nebraska bahkan memberikan bantuan berupa sejumlah bahan untuk pembangunan. Namun, untuk mendapatkannya kamu perlu melakukan sejumlah izin persetujuan, memberikan aplikasi, serta rencana pembangunan yang matang.

Adapula yang memberikan uang sebesar $5.000 hingga $12.000 bagi mereka yang membangun rumah baru di wilayah kota.

5 dari 6 halaman

5. Saskatchewan, Kanada

Jika kamu tertarik untuk menempuh kuliah Pascasarjana di Kanada, mungkin kamu bisa memilih program retensi yang mencapai hingga $ 20.000 CAD atau setara Rp 219 juta untuk menutupi biaya kuliah. Untuk memenuhi hal tersebut kamu perlu tinggal di Saskatchewan dan harus lulus dari sekolah menengah di Kanada yang telah disetujui oleh pemerintah.

6 dari 6 halaman

6. Chili

Sebuah start-up di Chili tengah berupaya untuk mengubah negara tersebut menjadi pusat bisnis Amerika Selatan. Untuk mencapai hal tersebut, mereka akan memberikanmu uang sebesar $45.000 serta visa kerja selama satu tahun di sana.

Mereka akan membantumu meluncukan bisnis dengan memberikan mentor lokal serta kontak bisnis sebesar $ 100.000 sebagai tunjangan. Belum lagi kamu akan diberikan ongkos penerbangan dan kredit web service dari Amazon Web.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.