Sukses

Meski Lebay, 5 Cara Ini Mampu Sembuhkan Patah Hati Akut

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar orang, putus cinta membuat hati dan jiwa seakan remuk berkeping-keping. Sebagian besar orang butuh waktu yang lama untuk "memunguti" kepingan-kepingan itu untuk dirangkai kembali. Selain waktu, butuh juga keberanian dan tekad.

Namun, pernah enggak kamu menyadari kalau cara paling ampuh untuk menyembuhkan patah hati adalah melakukan hal-hal yang "brutal?" Dalam artian, kita bisa mengobati perasaan sedih dengan melakukan hal-hal yang mungkin dianggap orang lain lebay. Seperti hal-hal berikut ini yang ternyata cukup efektif untuk bisa cepat move on.

1. Menangis semalaman sampai puas

Biar dianggap lebay, yang penting semua luka dan perasaan sedih bisa terluapkan sampai habis. Ketika sedang patah hati, biasanya dada akan terasa sangat sesak.

Semua perasaan negatif bercampur jadi satu. Di sini kamu bisa meringankan rasa sakitnya dengan menangis. Menangislah sepuasnya, semalam suntuk kalau perlu. Enggak apa-apa wajahmu jadi kelihatan jelek, tapi setelah itu kamu harus berjanji akan membuka lembaran baru setelah puas meluapkan semua kesedihan lewat air mata.

2. Buat perubahan drastis pada penampilanmu

Kalau sebelumnya kamu selalu merasa insecure dengan penampilanmu karena takut dianggap jelek sama pacarmu (yang sekarang sudah jadi mantan), sekarang saatnya kamu berani tampil jadi dirimu sendiri.

Buatlah perubahan yang terbilang drastis pada penampilanmu. Bisa dengan mengubah gaya rambut, tampil dengan gaya fashion beda, atau merias wajah sesuai dengan kenyamananmu. 

2 dari 2 halaman

Jelajahi Dunia, Salurkan Energi

3. "Sesatkan" diri berlibur ke tempat baru

Saatnya untuk meraih backpack-mu, buat jadwal liburan ke tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi. Lalu lakukan hal-hal yang selama ini belum pernah kamu lakukan.

Bersenang-senanglah mendapatkan banyak pengalaman baru yang belum pernah kamu dapatkan. Buat kenangan baru agar luka yang telah berlalu bisa terkubur dalam-dalam.

4. Hancurkan sesuatu

Saat baru putus cinta, selain merasa terluka kadang ada amarah yang begitu menumpuk di dada. Untuk mengeluarkan rasa marah itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghancurkan sesuatu.

Tapi jangan sembarangan memilih barang untuk dihancurkan (enggak mau kan kamu malah rugi sendiri kalau barang yang kamu hancurkan adalah laptop-mu sendiri misalnya). Cari barang yang memang sudah enggak dipakai (boneka dari mantan mungkin bisa) lalu hancurkan sampai hatimu lega.

5. Lakukan olahraga sampai badan benar-benar capek

Yang paling mudah adalah olahraga lari. Jadwalkan dirimu untuk melakukan olahraga, lalu lakukan sampai badanmu benar-benar capek. Tapi jangan sampai cedera ya. Buang semua energi negatif melalui keringat dan capek yang dihasilkan dari aktivitas fisikmu. Dengan begini setidaknya kamu bisa mendapat waktu untuk tidur nyenyak kemudian.

Yang terpenting adalah jangan sampai kamu tenggelam terlalu lama dalam perasaan patah hati. Untuk move on memang butuh usaha. Saatnya untuk berani membuka lembaran baru dan melanjutkan hidupmu dengan lebih baik lagi. Buktikan kalau kamu kuat, oke?

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Bahaya Patah Hati, Bisa Meninggal Usai Kehilangan Pasangan
Artikel Selanjutnya
Haruskah Mengambil Cuti Kerja Setelah Putus Cinta?