Sukses

Ujian SBMPTN 2018 Digelar Besok, Ini Jadwal Lengkap dan Tata Tertibnya

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei 2018. Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018 tersebut akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Pada ujian esok hari, peserta SBMPTN 2018 akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dikutip dari situs resmi SBMPTN, ujian tulis ini terdiri atas:

a. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.

b. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Dikutip dari laman resmi SBMPTN 2018, ujian akan dimulai pukul 07.00-14.30 WIB, dengan rincian jadwalnya sebagai berikut:

 

Sedangkan untuk ujian keterampilan, akan dilaksanakan pada 9 dan atau 11 Mei 2018. Ujian Keterampilan (UK) diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

2 dari 2 halaman

Tata Tertib

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta selama ujian berlangsung, apabila hal tersebut dilanggar akan mengakibatkan peserta ujian tidak diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Berikut beberapa peraturan yang harus diaati peserta selama ujian berlangsung.

1. Peserta tidak diperbolehkan membuka naskah soal ujian (NSU) sebelum diberi tanda oleh Pengawas Ujian. 

2. Setelah tanda ujian dimulai, pertama peserta harus memeriksa lembar naskah ujian dengan seksama untuk melihat kelengkapan lembar NSU. Apabila ditemukan lembar naskah yang tidak lengkap segera minta diganti dengan NSU yang baru. 

3. Peserta harus memeriksa kondisi Lembar Jawaban Ujian (LJU). 

4. Peserta mengisi Lembar Jawaban Ujian dengan pensil 2B. 

5. Selama ujian berlangsung, peserta dilarang:

- Menanyakan jawaban soal kepada siapa pun.

- Bekerjasama atau berkomunikasi (berbicara) dengan peserta lain.

- Memberi dan atau menerima bantuan dalam menjawab soal ujian.

- Memperlihatkan pekerjaan/jawaban sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan/ jawaban peserta lain.

- Saling meminjam alat tulis.

- Meninggalkan ruang ujian selama ujian berlangsung, kecuali seizin pengawas ujian.

- Menggantikan atau digantikan oleh orang lain. 

6. Apabila peserta telah selesai mengerjakan ujian sebelum waktu ujian berakhir, maka peserta harus tetap duduk di tempat sampai waktu ujian berakhir. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: