Sukses

Jarang Sakit hingga Tak Bisa Dipenjara, Ini 4 Fakta Unik Orang Gila

Liputan6.com, Jakarta - Gangguan kejiwaan dapat dialami oleh siapapun, tidak memandang dari golongan apa, memliki wajah rupawan atau tidak. Penyebab utamanya adalah frustasi yang berlebihan, depresi, dan beratnya beban hidup yang harus dijalani.

Jika dilihat sekilas, orang gila memiliki penampilan acak-acakan, tertawa tanpa sebab, serta tidak peduli dengan lingkungan. Tapi tahukah kamu jika orang gila ternyata memiliki keunikan yang belum kamu ketahui, apa saja?

1. Jarang Sakit

Apakah kamu pernah memperhatikan bahwa orang gila jarang sakit? Lalu apa yang membuatnya demikian? Menurut para ilmuan, 70% penyakit berasal dari pikiran kita, lantas orang gila yang kita anggap memiliki gangguan jiwa, justru memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, karena orang gila terlepas dari beban stres dan pikiran.

Kita sering melihat banyak orang gila bebas memakan apa saja, bahkan makanan yang sudah basi sekalipun. Walaupun panasnya matahari dan dinginnya hujan, orang gila tetap menjalankan aktifitasnya.

2 dari 4 halaman

2. Jumlah Laki-laki Lebih Mendominasi

Pada umumnya orang gila yang sering kita temui adalah laki laki. Tanggung jawab kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan tanggungan yang harus di jalani, membuat tingkat depresi laki-laki lebih tinggi dibandingkan wanita.

3 dari 4 halaman

3. Tidak Bisa Dipidanakan

Sesuai peraturan undang-undang pasal 44 ayat 2 KUHP, yang berbunyi. “Jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggung jawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapat lah hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa.”

Artinya, orang yang sedang mengalami gangguan jiwa tidak dapat dipidanakan karena kurang sempurnanya akal, dan hanya bisa dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

4 dari 4 halaman

4. Lebih Membutuhkan Rokok

Ternyata orang gila lebih membutuhkan rokok daripada makanan. Dengan merokok, orang gila akan terlihat lebih rileks dan tenang. Dalam sehari, orang gila bisa menghabiskan berbatang-batang rokok yang dia dapatkan dari warga ataupun pembuangan sampah.

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami. 

Artikel Selanjutnya
Kecantikan Guru SD Bikin Para Ayah Rajin Jemput Anak di Sekolah
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sayyida, Bajak Laut Muslimah Pertama di Dunia