Sukses

Catat, Ini 5 Zat Kimia Berbahaya yang Sering Ditemukan pada Alat Masak

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghasilkan makanan sehari-hari, pasti kita membutuhkan alat masak. Meski begitu tidak hanya bahan makanan saja yang perlu kita cek, bahan dasar dari alat masak juga harus diperhatikan.

Hal ini disebabkan bahan kimia yang membentuk alat masak bisa saja tercampur dengan makanan.

Jika sampai tercampur, zat kimia yang berbahaya dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, kamu perlu jeli memilih alat masak yang bagus serta aman digunakan.

Melansir Boldsky, berikut ini merupakan sejumlah bahan kimia yang dapat beracun atau berbahaya bagi tubuh di dalam alat masak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bisphenol A (BPA)

BPA ditemukan dalam kaleng dan botol berbahan plastik. Kontaminasi zat ini secara berlebihan di dalam tubuh terhubung pada peningkatan risiko kanker, penurunan fungsi otak, membahayakan jantung, hingga infertilitas. Sayangnya, plastik dengan kandungan BPA di dalamnya masih banyak ditemukan di pasaran.

3 dari 6 halaman

2. Aluminium

Bahan kimia ini jamak ditemukan dalam aluminium foil atau aluminium lainnya di alat baking dan roasting. Menurut sebuah artikel dari Journal of Alzheimer's Disease, kontaminasi zat ini dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya. Itulah sebabnya kegiatan untuk memanggang makanan dengan aluminium foil patut untuk dipertimbangkan kembali.

Memang benar bahwa ada aluminium yang aman untuk digunakan karena sudah melalui proses oksidasi. Namun tetap saja kamu harus mewaspadai aluminium yang belum teroksidasi.

4 dari 6 halaman

3. Polyethylene Terephthalate

Botol-botol soda tak luput dari bahan kimia ini di dalamnya. Zat ini bisa masuk ke dalam makanan atau minuman yang dikemas di dalam botol mengandung Polyethylene Terephthalate. Kontaminasinya berkaitan erat dengan sindrom metabolik, penyakit yang membuat peradangan dalam tubuh meningkat.

5 dari 6 halaman

4. Vinyl Chloride & Polyvinyl Chloride

Zat ini ditemukan pada kaleng, kresek makanan, hingga wadah penyimpanan makanan. Menurut National Institutes of Health Amerika, Polyvinyl Chloride dikenal dengan sifatnya yang karsinogenik.

6 dari 6 halaman

5. Perfluorooctanoic Acid

Zat ini banyak ditemukan pada panci atau wajan anti lengket jenis tertentu. Kebanyakan wajan anti lengket yang dilapisi dengan teflon, juga dilapisi dengan zat ini.

Asam perfluorooctanoic (PFOA) sering dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas hingga kenaikan berat badan. The International Agency for Research on Cancer juga mengatakan bahwa zat ini bersifat karsinogenik pada tubuh manusia.

Reporter

Febrianti Diah Kusumaningrum

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.