Sukses

5 Hal Wajar Ternyata Dilarang di Korea Utara, Nomor 4 Sepele Banget

Sebelum berniat berlibur ke Korea Utara, pastikan kamu mengetahui apa saja hal terlarang yang tak boleh dilakukan semua orang di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak negara di dunia, salah satunya Korea Utara menjadi destinasi untuk liburan. Namun, sebelum berniat berlibur ke Korea Utara, pastikan kamu mengetahui apa saja hal terlarang yang tak boleh dilakukan semua orang di sana.

 

Pastinya kamu juga tahu kalau Presiden Korea Utara Kim Jong-un dikenal sebagai orang yang tidak pernah memandang siapa pun. Pastinya di sana juga terdapat peraturan-peraturan tertentu yang tidak boleh dilanggar oleh warganya maupun turis yang datang.

Jika kamu melanggar peraturan yang telah ditetapkan di sana, maka bersiaplah untuk mendapatkan hukuman dan bahkan kamu tidak bisa pulang. Berikut lima hal terlarang yang tidak boleh dilakukan di Korea Utara.

 

1. Mengkritik Pemerintah

Seperti yang kita tahu bahwa Korea Utara merupakan negara yang sangat maju dan juga terkenal dengan peraturannya yang begitu ketat.

Pastinya hal semacam mengkritik pemerintah adalah suatu kesalahan besar menurut Korea Utara. Jangankan para wisatawan, penduduk asli Korea Utara pun bisa terkena hukuman berat jika melakukan hal ini. Nih buat kamu yang hobi banget demo, mengkritik dan sebagainya, maka berhati-hatilah saat berada di Korea Utara.

Bahkan, sekadar berdiskusi saja kalau ketahuan bisa ditangkap dan ditahan. Coba deh bayangin gimana kalau kita sebagai orang asing ditahan? Jadi kalau kamu berniat berjalan-jalan ke Korea Utara pastikan untuk tidak melakukan hal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menonton Video Dewasa

Kelakuan ini mungkin sudah terbilang sangat wajar bagi kaum lelaki ya, apalagi para jones. Salah satunya di Indonesia, padahal sebenarnya pemerintah telah menerapkan peraturan di mana video dewasa merupakan hal yang dilarang dan tidak boleh di tonton oleh siapa pun.

Namun sayangnya, itu hanya berlaku untuk situs-situs yang diblokir dan tidak menerapkan ancaman hukuman. Di Indonesia sendiri, jika kita ketahuan sedang menonton video dewasa, paling hanya akan membuat nama kita dicap jelek.

Berbeda dengan Korea Utara, di mana kebijakan tersebut bisa membuat nyawa kamu melayang. Pemerintah Korea Utara akan siap menghukum mati orang-orang yang ketahuan sedang menonton video dewasa, tak perduli siapa ia dan dari mana ia berasal.

Tentunya hal ini akan lebih berbahaya lagi bagi orang asing atau para wisatawan. Enggak mau nyawamu melayang kan? Makanya kamu jangan coba-coba deh nonton video porno saat berada di Korea Utara.

3 dari 5 halaman

3. Beragama

Mungkin akan lebih baik jika kita berlibur ke negara lain aja kali ya, karena di Korea Utara kabarnya semua orang tidak diperbolehkan beragama.

Peraturan ini sudah diterapkan cukup lama, di mana Kim Jong un menganggap dirinya sendiri sebagai Tuhan, sehingga semua rakyat pun turut mengikuti perintah dan menyebutnya Tuhan hingga menyembahnya.

Lantas, bagaimana jika kita memiliki agama di sana? Sudah pasti kita akan dihukum. Kabarnya apabila ada salah satu rakyat yang ketahuan membawa kitab suci, maka mereka akan mendapatkan hukuman yang berat.

4 dari 5 halaman

4. Memakai Celana Jeans

Memang terkesan berlebihan dan tidak masuk akal, tapi inilah kenyataanya. Berbeda dengan Korea Selatan yang memberi kebebasan lebih luas, di Korea Utara semua rakyat tidak diperbolehkan untuk memakai celana jeans karena alasan dianggap sebagai barang ilegal dan berasal dari Amerika Serikat. Dan jika diperhatikan, memang di Korea Utara tidak ada satu pun orang yang memakai celana jenis ini.

Untuk semua orang yang ketahuan memakai celana jeans di Korea Utara, entah sengaja maupun tidak sengaja mereka akan mendapatkan hukuman yang setara dengan mencuri jika di Indonesia. Yakni dimasukkan ke dalam penjara dalam waktu tertentu.

Ini juga salah satu hal penting yang harus kamu ketahui jika berniat pergi ke Korea Utara. Jadi jangan sampai liburan kamu malah bikin kamu tambah pusing.

5 dari 5 halaman

5. Dilarang Memotret Sembarangan

Memang cukup sulit untuk dipercaya, tapi inilah kenyataannya. Di Korea Utara, kita semua tidak diperbolehkan untuk mengambil foto secara sembarangan. Padahal berfoto saat berlibur merupakan sesuatu yang umum dan wajib dilakukan.

Karena memang di Korea Utara terdapat peraturan di mana sebagai orang asing kita tidak memiliki kebebasan saat hendak berfoto pada tempat manapun. Namun, kalau kamu tetap memaksa, maka dapat meminta izin terlebih dahulu sehingga akan diminta sebuah penjelasan terkait dengan pemotretan yang akan kalian lakukan. Tentunya hal ini juga sama sekali tidak gratis.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/hal-terlarang-yang-tidak-boleh-kamu-lakukan-di-korea-utara/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.