Sukses

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara

Inilah 10 fakta mencengangkan kehidupan masyarakat Korea Utara. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara memang menjadi salah satu negara yang mencuri perhatian masyarakat. Negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini dikenal sering memancing berbagai kontroversi di seluruh penjuru dunia.

Bukan hanya mengenai uji coba nuklir yang mengancam kehidupan umat manusia di muka bumi, sebenarnya ada beberapa hal menyedihkan lo. Dilansir dari Bright Side, inilah 10 fakta mencengangkan kehidupan masyarakat Korea Utara.

1. Memiliki Sistem Penanggalan Kalender Tersendiri

Selain menggunakan sistem kalender Masehi, Korea Utara juga memiliki sistem penanggalan tersendiri. Uniknya sistem penanggalan ini dimulai dari hari lahir Presiden Kim Il-Sung pada 1912.

Sistem penanggalan kalender ini sudah diakui Korea Utara mulai tahun 1997. Itu berarti, saat ini Korea Utara hidup di tahun 106 kalender Kim Il-Sung.

2. Jalan Raya Hanya untuk Pejabat

Jangan harap menemukan jalanan mulus di Korea Utara. Karena, hanya sekitar 8 persen saja jalanan yang terlapisi aspal lo.

Hal itu mengingat hanya kalangan militer dan politikus saja yang diperbolehkan memiliki mobil. Penduduk setempat pada umumnya menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.

3. Polisi Wanita sebagai Pengatur Lalu Lintas

Di saat jumlah kendaraan bermotor yang dibatasi oleh pemerintah Korea Utara, ternyata juga membutuhkan jasa pengatur lalu lintas. Uniknya mereka malah menggunakan polisi wanita.

Peran polisi wanita ini adalah mengatur kendaraan yang melintas dan menggantikan lampu lalu lintas. Uniknya lagi mereka yang mengatur haruslah single dan berusia di bawah 26 tahun.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. NASA? Di Korea Utara NADA yang Berkuasa

Kamu kenal kan badan antariksa yang dibentuk oleh Amerika Serikat? The National Aeronautics and Space Administrastion atau biasa disingkat NASA ini ternyata punya tiruan di Korea Utara.

Pemerintah negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini sendiri telah membangun badan antariksa sejak 1980. Namun pada 2013, mereka resmi merilis NADA.

5. Unicorn Mitos? Itu Ternyata Fakta

Kamu pasti pernah melihat unicorn dalam seri atau film fiksi yang sering kamu tonton. Jika kamu menganggapnya mitos, ternyata hal ini benar-benar ada.

Peneliti Korea Utara telah menyatakan bahwa unicorn bukanlah hewan imajinasi saja. Mereka pun juga sudah menemukan keberadaan unicorn di Ibu Kota Pyongyang. 

6. Obat-obatan Dewa Sembuhkan Segala Penyakit

Dunia sedang menghadapi masalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Uniknya, Korea Utara malah punya obat-obatan dewa yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Obat-obatan yang diracik dari gingseng merah dan ramuan rahasia ini diklaim mampu menyembuhkan penyakti Mers, Aids sampai Ebola.

3 dari 3 halaman

7. Festival Arirang

Siapa bilang orang Korea Utara tidak boleh menikmati kebahagiaan? Tiap tahunnya lebih dari 100 ribu orang ikut ambil bagian dalam acara terbesar di Korea Utara, Festival Arirang.

Festival ini diadakan di stadion terbesar di sana. Selain tari-tarian, kamu juga bakal menikmati penampilan dari layar raksasa. Bahkan, Festival Arirang pernah masuk Guinness Book of World Records. 

8. Wanita Gak Fashionis, Tapi Tetap Cantik Kok

Korea Utara memang bisa dibilang menjadi negara yang tertutup dengan perkembangan dunia luar. Para wanita saja bahkan nggak bisa mengikuti perkembangan tren fashion internasional.

Namun, mereka semua tetap cantik kok. Wanita Korea Utara jarang berdandan dan menghabiskan waktunya untuk bekerja. Mereka baru berdandan dan mengenakan pakaian nasional saat libur nasional.

9. Segalanya Tentang Presiden Kim Jong-Il

Kim Jong-Il menjadi sosok yang berpengaruh di Korea Utara. Bahkan sebagai pendiri negara ini pun, Kim Jong-Il sangat disegani oleh rakyatnya.

Sosoknya yang karismatik pun menurun pada sosok pemimpin selanjutnya, termasuk Kim Jong-Un. Sangat berpengaruh sekali ya sosok yang satu ini.

10. Korea Utara adalah Negara Bahagia di Dunia

Hidup di Korea Utara enggak bahagia sama sekali? Kata siapa? Buktinya menurut penelitian, Korea Utara termasuk ke dalam salah satu negara paling bahagia di dunia.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/fakta-kehidupan-korea-utara/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.