Sukses

Patut Dicoba, 5 Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Belajar di Kelas

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi mahasiswa tidaklah seindah yang ditampilkan dalam film atau drama yang kita lihat di layar kaca. Jika yang ditampilkan dalam film, saat dosen menerangkan sesuatu kamu akan terpana dengan mahasiswi cantik yang membuatmu hilang fokus. Namun nyatanya tidak. Karena ada masa di mana kamu akan sangat mengantuk ketika dosen memberikan materi.

Berikut tips cara menghilangkan rasa kantuk saat dosen tengah memberikan materi di kelas. 

1. Coffee Break

Jika memang kamu begadang semalaman, dan saat pagi hari kamu tetap pergi ke kampus. Sebaiknya mampir dulu, untuk membeli kopi, karena kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk.

2. Posisi Duduk

Pindahlah ke tempat duduk paling depan, hindari tempat duduk dibelakang dan pojok. Karena itu mempengaruhi konsentrasi. Sehingga saat kamu duduk dibangku paling depan, kamu akan lebih fokus terhaap materi dan tidak akan mengantuk.

1 dari 3 halaman

3. Minyak Angin

Biasanya, dinginnya ruang kelas ber AC menjadi penyebab utama rasa kantuk datang saat di kelas. Kamu bisa mengoleskan minyak angin saat kelas tengah berlangsung. Cara ini cukup ampuh menghilangkan kantuk.

4. Permen Mint

Sebenarnya ini tidak wajib dibawa, karena setiap kontrak peraturan mata kuliah pasti berbeda. Ada dosen yang melarang mahasiswanya untuk makan, walau hanya permen. Jadi tetap patuhi kebijakan dosenmu ya.

2 dari 3 halaman

5. Membasuh Wajah

Inilah cara yang paling ampuh, di mana matamu sudah tidak tahan dengan rasa kantuk. Mintalah izin pada dosen, pergi ke toilet untuk membasuh wajahmu agar rasa kantukmu hilang.

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Mimpi Wanita Ini Terwujud, Idola Kpop-nya Datang ke Wisuda
Artikel Selanjutnya
Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? Mulai Gunakan Medsos yang Satu Ini