Sukses

Diputar Tiap Imlek, Lagu GongXi GongXi Ternyata Simpan Misteri

Tak luput dinyayikan saat Imlek tiba, ternyata ada kisah horor yang mengiringi proses penciptaan lagu GongXi GongXi.

Liputan6.com, Jakarta Setiap perayaan hari besar atau hari raya, pasti akan disambut dengan berbagai keceriaan dan kehikmatan. Selain dengan berbagai macam aksesoris guna menunjang momen spesial, ternyata lagu disetiap perayaan juga selalu dijadikan pemanis lho.

Salah satunya perayaan Imlek 2018 yang jatuh pada hari ini, 16 Februari. Bisa dibayangkan ya, jika tidak ada lagu-lagu spesial yang menemani hari raya kamu, pastinya akan sepi dan membosankan. 

Nah, di antara sekian banyak lagu yang populer dinyanyikan dan diperdengarkan saat Imlek, kamu pasti tau dong lagu langganan Imlek yang berjudul GongXi GongXi. Selama lebih dari 70 tahun, lagu ini selalu mengalun di berbagai tempat yang sedang merayakan Tahun Baru Imlek.

Namun di balik nada-nadanya yang ceria, ternyata ada kisah horor yang mengiringi proses penciptaan lagu GongXi GongXi. Bukan sebuah lagu yang bahagia saat perayaan Imlek tiba, nyatanya nyanyian ini adalah sebuah melodi yang dibuat dalam kondisi putus asa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lagu Penyemangat Melawan Penjajah

Adalah Chen Gexin, orang yang menciptakan lagu ini pada tahun 1946. Pada masa itu, Perang Dunia II sedang berlangsung, dan Cina memang sedang menghadapi penjajahan Jepang. Sebagaimana kita tahu, serdadu Jepang dikenal memiliki kesadisan tingkat dewa.

Chen Gexin yang terlalu sering menciptakan lagu-lagu nasionalisme akhirnya dijebloskan dalam penjara. Penyiksaan yang dialaminya pun tidak bisa dibayangkan. Namun dalam kondisi seperti itu, jiwa nasionalismenya malah semakin tumbuh.

Lagu ini pun tercipta dan dalam waktu singkat populer di kalangan pejuang Cina. Selain menjadi penyemangat mereka berjuang melawan penjajah, pada akhirnya GongXi GongXi juga menjadi anthem yang dinyanyikan rakyat Cina dalam berbagai kesempatan, termasuk Imlek.

 

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel viral dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini