Sukses

5 Hal yang Membuat Yogya Jadi Idaman Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta tersebar di seluruh penjuru kota Yogyakarta atau biasa disebut Jogja. Tidak heran, jika kota ini mendapat julukan sebagai Kota Pelajar. Selain itu, alasan lainnya karena hampir 20 persen penduduk kota Yogyakarta merupakan pelajar.

Banyak mahasiswa dari luar Jogja memilih kota ini sebagai tempat menimba ilmu, selain memiliki kualitas pendidikan yang baik, Yogya merupakan kota yang sangat ramah dan terkenal dengan biaya hidup yang murah. Berikut beberapa hal yang membuat mahasiswa selalu rindu tinggal di kota Yogya.

1 dari 3 halaman

1. Kemewahan Bukan Tolak Ukur Kebahagiaan

Jika biasanya mahasiswa banyak menghabiskan waktu di café atau restaurant mewah untuk mengerjakan tugas, beda halnya dengan di Yogyakarta. Mahasiswa di kota ini lebih senang menghabiskan waktu untuk belajar dan berdiskusi di angkringan yang banyak tersedia hampir di setiap sudut kota. Selain hemat, nongkrong di angkringan juga sangat menyenangkan untuk berkumpul bersama teman.

2. Harga Indeksos yang Murah

Berbeda dengan kota besar lain yang memiliki biaya tinggal atau kostan yang tinggi, harga kostan di kota Jogja sangat terjangkau bagi mahasiswa. Dengan kisaran harga 300 ribu hingga 1 juta rupiah, tergantung lokasi dan fasilitas, mahasiswa bisa menimba ilmu di Yogya dengan tenang.

2 dari 3 halaman

3. Banyak Paket Murah dan Hemat

Kota ini sangat memanusiakan pelajar. Jika bosan dengan angkringan, mahasiswa bisa mengunjungi tempat makan yang menawarkan peket murah meriah. Selain itu, paket pariwisata yang ada di Yogya juga sangat terjangkau dan cocok untuk mahasiswa yang sedang berhemat.

4. Akses Wilayah yang Mudah Dijangkau

Akses kota Yogya juga sangat mudah, mau kemanapun bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kalau tidak mau jalan, kamu bisa naik kendaraan umum yang banyak tersedia di setiap sudut jalan. Disarankan agar kamu membeli sepeda untuk membantu mobilitasmu selama kuliah di sana, karena Yogya sudah mulai banyak kendaraan dan macet.

5. Bukan Hanya Tempat Menimba Ilmu, Jogja juga Memiliki Cerita Cinta

Bagi sebagian mahasiswa, Yogya bukan hanya sebagai tempat menimba ilmu. Banyak di antara mereka yang menemukan tambatan hatinya di kota ini. Kisah cinta dan perjuangan selama menempuh pendidikan, menjadi hal yang tidak akan pernah dilupakan dari kota ini.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
UGM Coret Jubir HTI dari Daftar Penceramah Ramadan di Kampus
Artikel Selanjutnya
Cek Jurusan Kuliah Cocok Berdasarkan Zodiak Kamu