Sukses

Viral, Soal Matematika Anak Kelas 5 SD Bikin Bingung Warganet

Dalam tes matematika tersebut, ditanyakan "Jika sebuah kapal memiliki 26 ekor domba dan 10 ekor kambing, berapa umur kapten kapal itu?"

Liputan6.com, Beijing - Sebuah tes ujian matematika di Tiongkok membuat warganet bingung. Dalam sebuah foto yang beredar, tampak kertas ujian kelas lima untuk anak berusia 11 tahun.

Dalam tes matematika tersebut, "Jika sebuah kapal memiliki 26 ekor domba dan 10 ekor kambing, berapa umur kapten kapal itu?" Pertanyaan tersebut jelas membuat bingung warganet. Mereka mempertanyakan bagaimana siswa kelas lima dapat menjawabnya.

"Usia kapten adalah, saya tidak tahu. Saya tidak bisa menyelesaikan ini," tulis seorang warganet.

"Kapten berusia 36 tahun, karena 26+10 adalah 36. Dan kapten ingin hewan yang dibawa jumlahnya seperti usianya," jawab seorang warganet.

"Jumlah domba dan kambing tidak relevan dengan usia kapten. Tapi karena dia cukup narsis, jadi jumlah hewan sesuai dengan usianya," tebak warganet yang lain.

Melansir dari Iflscience, pengguna Weibo dan Twitter mempertanyakan apakah sekolah yang diidentifikasi sebagai Sekolah Dasar Nanchong Shunqing, benar-benar mengajukan pertanyaan semacam itu. Dalam sebuah pernyataan, Departemen Pendidikan Shunqing mengatakan bahwa tes tersebut bertujuan untuk menguji "sifat kritis dan kemampuan berpikir secara mandiri siswa."

Ini sejalan dengan laporan BBC bahwa pendidikan di Tiongkok sangat bergantung pada catatan dan hapalan. Pertanyaan 'nyeleneh' seperti soal matematika tersebut diharapkan dapat mendorong pemikiran kreatif dan kritis dari siswa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Juru bicara departemen mengatakan mereka akan terus mengajukan pertanyaan semacam itu di masa depan. Karena pertanyaan-pertanyaan dengan model demikian, tampak menyenangkan dan tak berbahaya. Bahkan menimbulkan diskusi di kalangan banyak orang.

Contohnya saja seperti jawaban salah satu warganet berikut ini.

"Bobot total 26 ekor domba dan 10 ekor kambing adalah 7.700 kg, ini berdasarkan berat rata-rata tiap hewan. Di Tiongkok, jika Anda mengendarai kapal yang memiliki muatan lebih dari 5.000 kg, Anda harus memiliki lisensi kapal selama 5 tahun. Usia minimum untuk mendapatkan lisensi kapal adalah 23 tahun, jadi kapten kapan itu setidaknya berusia 28 tahun."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.